Ikatan Karyawan Timah Sanggah BPJ, IKT Minta Jangan Saling Memprovokasi

by -
Ikatan Karyawan Timah Sanggah BPJ, IKT Minta Jangan Saling Memprovokasi
Ketua Umum IKT, Fauzi Trisana.

belitongekspres.co.id – Dinamika pertimahan kembali menjadi topik hangat. Pernyataan anggota Komisi VI DPR Bambang Patijaya yang menyatakan PT Timah mengagitasi dengan menurunkan sekelompok masyarakat yang mendukung kegiatan KIP di kawasan pariwisata, ditanggapi serius oleh Ikatan Karyawan Timah (IKT), serikat pekerja di lingkungan internal PT Timah.

Pernyataan BPJ, sapaan akrab Bambang Patijaya, dinilai sangat melukai anggota IKT karena disampaikan ke publik tanpa dasar yang kuat. Bahkan pernyataan legislator dari Partai Golkar tersebut dianggap dapat berpotensi menimbulkan riak baru, di tengah memanasnya situasi saat ini.

Dalam perspektif IKT, adalah tugas BPJ untuk menyuarakan aspirasi masyarakat. Namun disayangkan, pernyataan BPJ dianggap IKT hanya mewakili kelompok tertentu saja, bahkan terkesan menuduh PT Timah mengagitasi masyarakat.

Ikatan Karyawan Timah Sanggah BPJ, IKT Minta Jangan Saling Memprovokasi

“Sangat miris, seorang wakil rakyat tidak objektif dan proporsional dalam melihat fakta di lapangan,” ujar Fauzi Trisana, Ketua Umum IKT.

“Dalam suasana yang cenderung kurang kondusif saat ini, BPJ seharusnya menjaga kondusifitas, bukan mengeluarkan pendapat yang asal–asalan dengan menyebutkan PT Timah mengagitasi sekelompok masyarakat untuk pro penambangan kapal isap”.

Dikatakan Fauzi, BPJ harus juga melihat PT Timah sebagai sebuah institusi dan instrumen resmi negara yang dalam kegiatan usahanya berorientasi untuk kontribusi terhadap pendapatan Negara.

“Dalam aspek legalitas, PT Timah sejak dari dulu sudah menjalankan aspek-aspek goodminingpractices. Jauh hari sebelum maraknya tambang ilegal yang justru menjadi penyebab utama kerusakan lingkungan di Bangka Belitung,” kata Fauzi.