Imbas Pandemi Corona, Hotel-Hotel Berbintang Belitung Tutup Sementara

by -
Imbas Pandemi Corona, Hotel-Hotel Berbintang Belitung Tutup Sementara
Suasana pemandangan sudut kolam renang Swiss-belresot Belitung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dampak wabah pandemi virus Corona atau Covid-19, membuat sejumlah pengusaha hotel di Kabupaten Belitung memilih untuk tutup sementara waktu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah hotel berbintang di Belitung memilih untuk tidak beroperasi. Seperti Hotel BW Suite -BW Inn (BW Group), Hotel Puncak, Swiss-Belresort Belitung, dan Hotel Fairfield By Marriot.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Kabupaten Belitung Iwan, membenarkan adanya kabar tersebut. Lima hotel itu memilih tutup sementara. Bahkan, ada hotel tutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Pada Rabu (1/4) kemarin, ada satu hotel lagi yang menyatakan tutup. Yakni La Lucia Hotel by Prasanthi. “Itu data sementara yang kami dapat. Sejumlah hotel memilih tutup hingga batas waktu yang belum ditetapkan. Namun untuk La Lucia, kabarnya tutup sampai 30 April 2020,” kata Iwan kepada Belitong Ekspres.

Dijelaskan Iwan, penutupan operasional hotel-hotel lantaran sepinya kondisi sektor pariwisata di Belitung. Wisatawan yang dulunya memadati Negeri Laskar Pelangi, kini membatalkan kunjungannya.

“Sejumlah travel sekarang sudah tidak dapat tamu. Tidak ada lagi ketertarikan orang untuk datang ke Belitung. Mungkin mereka takut, sehingga memilih tidak melakukan bepergian,” sebutnya.

Tidak hanya itu, sekarang ada beberapa wisatawan dari luar negeri maupun domestik yang tertahan di Belitung. Mereka takut untuk balik ke kampung halamannya, lantaran mewabahnya Covid-19.

“Turis dan wisatawan lokal yang bertahan di Belitung, mereka memilih tinggal di Rahat Ikon dan sejumlah home stay yang ada di Belitung,” pungkas Iwan.

Markom La Lucia Boutique Hotel by Prasanthi Belitung, Toni membenarkan apa yang diungkapkan Ketua Asita Belitung Iwan. Hotel yang beralamat di Air Saga itu memilih untuk tidak beroperasi hingga akhir April 2020.

“Sementara closed dulu. Mulai dari hotel hingga restoran. Kita akan buka kembali akhir April mendatang,” kata Toni. Hal yang sama juga diungkapkan Marketing BW Suite Hotel, Prasetya. Hotel yang berada di Jalan Pattimura juga memilih tutup, hingga akhir April.

Sementara itu, manajemen Swiss-Belresort Belitung juga kabarnya memutuskan untuk tidak beroperasional, tutup sementara terhitung mulai tanggal 2 April hingga 30 Mei 2020. ” Iya benar,” kata Dorothy selaku PR Swiss-belresort Belitung, kepada Belitong Ekspres. (kin/red)

Editor: Yudiansyah