Imigrasi Perkenalkan POLTEKIM & DPRI Kepada Pelajar SMKN 2 Tanjungpandan

by -3 views
Eko Budianto memberikan sosialisasi pengenalan POLTEKIM dan DPRI kepada siswa SMKN 2 Tanjungpandan, Kamis (25/07).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung memberikan sosialisasi pengenalan POLTEKIM (Politeknik Imigrasi) dan DPRI (Dokumen Perjalanan Republik Indonesia) kepada siswa SMKN 2 Tanjungpandan, Kamis (25/07) kemarin.

Kepala Divisi Keimigrasian Kepulauan Bangka Belitung Eko Budianto mengatakan, sengaja memilih SMKN 2 Tanjungpandan untuk sosialisasi pengenalan Politeknik Keimigrasian dan Paspor. Alasannya karena SMK memang sekolah siap kerja.

“Intinya bahwa mereka akan bekerja. Karena tidak menutup kemungkinan mereka setelah lulus akan mendaftar Politeknik, Akademi Kepolisian dan Tentara dan segala macamnya. Nah, dan juga di Indonesia ini ada Politeknik Keimigrasian,” jelas Eko.

Lebih lanjut dia mengatakan, sosialisasi ini terinspirasi juga karena masih sedikit putra dan putri daerah Bangka Belitung yang menjadi pejabat Imigrasi atau sekolah di POLTEKIM. “Saya berharap dengan sosialisasi dan pemahaman ini, maka mereka akan terbuka wawasan. Serta bertambah kader daerah menjadi bagian dari pejabat imigrasi,” harapnya.

Keunggulan sekolah Politeknik Imigrasi ini sama dengan sekolah atau pendidikan kedinasan yang lain, namun lebih fokus ke bidang Keimigrasian. Yaitu tidak membayar sendiri dan semua ditanggung ikatan dinas dan dibiayai oleh negara.

“Dan ketika tingkat dua mereka sudah mendapat gaji dan tingkat tiga mereka sudah menjadi PNS. Kita fokus ke bidang keimigrasian dan penempatannya selain di Indonesia juga ada di luar negeri,” jelasnya.

Kemudian terkait sosialisasi paspor diberikan ke sekolah kejuruan, lantaran SMK merupakan sekolah siap kerja, tidak menutup kemungkinan untuk sekolah atau bekerja di luar negeri. “Nah itu lah yang perlu dipahami apa itu paspor, karena paspor dokumen perjalanan memang diakui negara lain sebagai legalitas yang bersangkutan,” katanya.

Sementara itu Kepala SMKN 2 Tanjungpandan Iswandi menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut. Sebab, dengan adanya sosialisasi dinilai sangat bermanfaat untuk pengetahuan keimigrasian.

“Saya menyambut sangat baik, bagi kami suatu kehormatan, arena kalau SMK itukan lulusannya bekerja. Jadi bekerja itu jangan hanya di negara kita atau di kampung kita sendiri, kedepan kita harus bersaing,” katanya.

Siswa yang hadir dalam sosialisasi ini terdiri dari perwakilan kelas 10 dan kelas 11. Mereka diberikan sosialisasi karena masih ada waktu untuk berfikir, atau merenung menentukan bayangan mereka setelah lulus sekolah.

“Apalagi disampaikan ada Politeknik Keimigrasian yang menerima lulusan SMA dan SMK untuk melanjutkan, dan nantinya mengisi tenaga kerja di Kantor Imigrasi ya. Untuk itu saya sangat berterima kasih mau memberikan informasi ini,” ucapnya. (dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *