Imigrasi Tanjungpandan Paparkan Capaian Kinerja Sepanjang 2020

by -
Imigrasi Tanjungpandan Paparkan Capaian Kinerja Sepanjang 2020
Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpandan, Dewanto Wisnu Raharjo saat mengadakan konferensi pers atas capaian kinerja mereka sepanjang tahun 2020.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan mengadakan konferensi pers atas capaian kinerja mereka sepanjang tahun 2020, Selasa (22/12). Kegiatan ini sekaligus syukuran karena beberapa hari lalu Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Tanjungpandan, Dewanto Wisnu Raharjo mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada jumlah pembuatan paspor di tahun 2020. Sejak periode 2 Januari hingga 22 Desember, sangat berkurang drastis, bahkan hingga 64,04 persen dari tahun 2019 lalu.

“Jumlah penerbitan Paspor 48 halaman pada Tahun 2020 ini hanya 1.141 paspor, yang dimana jumlah tersebut sangat jauh berbeda jika dibandingkan Tahun 2019, yaitu 3.173 paspor,” kata Dewanto Wisnu Raharjo dalam paparannya.

Selanjutnya berdasarkan data yang dirilis Kantor Imigrasi Tanjungpandan, pada tahun 2020 ini jumlah pemohon yang diduga akan menjadi TKI/PMI-NP adalah nihil. Selain itu, untuk penangguhan permohonan paspor juga nihil alias tidak ada.

Untuk penerbitan izin tinggal dan perpanjangan sebanyak 117 dokumen dengan rincian perpanjangan Visa On Arrival (VOA) 9, perpanjangan Izin Tinggal Kunjungan (ITK) 58, alih status ITK menjadi ITAS 1, perpanjangan ITK Darurat tidak ada alias nihil, Izin Tinggal Terbatas (ITAS) baru 40, perpanjangan ITAS 4.

Sedangkan perpanjang Izin Tinggal Tetap (ITAP) ada 4 dan alih status ITAS ke ITAP nihil atau nol. “Jumlah kedatangan WNI ke Belitung Tahun 2020 ini 1441 orang, untuk WNA 2920 orang, sementara untuk keberangkatan WNI berjumlah 1225 orang dan WNA sebanyak 2998 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, data WNI dan WNA yang masuk dan keluar Belitung dihitung dari tanggal 1 Januari hingga 18 Maret. Di mana pada tanggal tersebut Maskapai Indonesia Air Asia Airlines Rute Tanjungpandan-Kuala Lumpur ketika masih beroperasi awal tahun 2020.

Sementara itu, untuk bidang intelijen dan penindakan keimigrasian, Timpora berbagai kegiatan seperti sosialisasi dan operasi pengawasan orang asing. Bidang teknologi informasi dan komunikasi keimigrasian sepanjang tahun 2020 juga rutin melakukan kegiatan seperti sosialisasi, dialog keimigrasian dan lain-lain.

Dalam hal pembangunan zona intergritas, di tahun 2020 Kantor Imigrasi Tanjungpandan terus menambah program inovasi mereka menjadi 24 program saat ini. Seperti sistem informasi pelacakan permohonan paspor (Simpor), layanan satu kamar penggantain paspor hilang, rusak, duplikasi terintegrasi ( Laskar Pelangi) dan lain-lain

“Kita juga lakukan penandatanganan pakta integritas disaksikan Forkopimda, menerima kunjungan study tiru, menerbitkan buku imigrasi Tanjungpandan Cemerlang, atas kinerja dan usaha dalam mewujudkan pembangunan zona integritas, kemarin menerima apresiasi WBBM oleh kemenpan-RB RI,” paparnya.

Kemudian, acara syukuran yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan ditandai pemotongan tumpeng. Potongan tumpeng pertama diberikan Wisnu kepada wartawan senior. Hal itu dilakukannya karena merasa media sudah berperan aktif dalam memberikan informasi positif dari kinerja mereka selama ini.

Dikatakan Wisnu, kinerja selama ini hingga mendapatkan predikat WBBM atas bantuan seluruh timnya yang mendukung seluruh program kerja yang mereka lakukan selama ini. “Prestasi ini juga karena kehendak Allah SWT, berkat rahmatnya juga kami, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan dapat meraih WBBM yang dimana WBBM ini hanya 10 yang berhasil meraihnya dari ratusan kantor Imigrasi yang ada di Indonesia,” tandasnnya. (dod)