Imlek di Belitung Berjalan Damai

by -
Imlek di Belitung Berjalan Damai
Vina saat memberikan angpao ke anak-anak yang berkunjung di kediamannya (kiri), Agung Meitreyawira bersama istrinya ketika menyapa masyarakat yang hadir (kanan).

Vina dan Agung Gelar Open House

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Perayaan Tahun Baru Imlek di Belitung, berjalan damai. Ribuan warga keturunan Tionghoa di Kabupaten Belitung menggelar ibadah di Klenteng Hok Tek Che. Warga Tionghoa ini juga menggelar open house perayaan di rumah-rumah mereka.

Salah satunya open house di kediaman Anggota DPRD Belitung Vina Cristyn Ferani, yang berada di Jalan Bambang Utoyo Tanjungpandan. Di tempat itu, ratusan warga dan tamu undangan membaur berkumpul di tempat politikus PDI Perjuangan.

Vina mengatakan, hampir setiap tahun dia beserta keluarga merayakan Imlek di kediamannya. Katanya tahun ini ia bersyukur acaranya lebih meriah dan ramai dibandikan tahun lalu. “Kali ini kita merayakan imlek bersama rekan-rekan, tetangga keluarga dan juga orang yang kita cintai,” ujar Vina kepada Belitong Ekspres.

Di Imlek tahun ini, dia berharap semakin sukses serta diberi kesehatan dan kebahagiaan. Serta, untuk masyarakat Belitung ia meminta untuk tetap menjaga toleransi antar umat beragama. “Dari dulu Belitung dikenal tentang toleransinya. Kita bisa lihat sendiri, berbondong-bondong masyarakat datang dari rumah ke rumah untuk memberikan selamat,” pungkasnya.

Sementara itu, Pantauan Belitong Ekspres di Klenteng terlihat sejumlah warga Tionghoa melakukan ibadah. Acara dimulai sejak petang hingga menjelang dini hari. Pada saat acara panitia menyiapkan kembang api dan atraksi barongsai.

Tak hanya Vina Cristyn Ferani, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Agung Meitreyawira ikut merayakan tahun baru Imlek 2020. Dia juga menggelar “open house” guna mempererat jalinan tali silaturrahmi dengan para masyarakat.

Open House Agung Meitreyawira digelar dikediamannya, yang bertempat Desa Air Raya, Sabtu (25/01). Menurut Agung Meitreyawira momentum Perayaan Imlek memiliki makna ebersamaan serta keberagaman.

“Silahturahmi harus terjaga, antara umat beragama, karena Imlek ini merupakan budaya, kita jalani sesuai apa yang kita lakukan dari sejak dulu, yaitu bersilahturahmi sesama manusia,” katanya.

Kemudian, kata Agung, para tamu undangan yang datang pada hari ini dari berbagai elemen masyarakat, Ada tamu dari Forkopimda, Pemda Belitung, Tokoh-tokoh masyarakat, masyarakat juga dari berbagai desa datang pada acara ‘open house’ tersebut sekaligus datang untuk bersilatuhrahmi.

“Kita mengundang, teman-teman, saudara, yang dekat sekitar, serta dari manapun, mereka pun bawa keluarga, kita menikmati hidangan yan sederhana ini, yang penting silahturahminya,” jelasnya.

Agung berharap di tahun Tikus Logam ini, menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya dalam segala hal apapun, baik dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. “Harapan selalu diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Dia pun mengucapkan terima kasih atas kehadiran rekan rekan dan kawan sejawat, serta masyarakat yang datang ke rumahnya. “Semoga tali silatuhrahmi selalu terjaga diantara kita bersama di Kabupaten Belitung,” katanya.

Editor : Yudiansyah
Reporter : (kin/dod)