Imlek, Nelayan Tak Melaut

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNGPANDAN-Tahun baru Imlek 2566, ternyata juga mempengaruhi aktivitas para nelayan perahu kecil di Pelabuhan Baro Tanjungpandan nelayan. Mereka pada momen ini memilih untuk tidak melaut karena gelombang relatif masih tinggi dengan hembusan angin cukup kencang.

Selain faktor cuacan, ternyata sepinya minat pembeli ikan, membuat para nelayan ini lebih khawatir jika melaut pun dengan tantangan berat, ikan tak terserap pasar. “Kalo ada yang beli dengan harga baik, kami akan meliaht cuaca begitu baik, kami melaut,’’ ujar salah satu nelayan kepada BE.
Situasi libur macam ini biasanya dimanfaatkan nelatan untuk memperbaiki kapal maupun jaring dan bubu.  Pantauan Belitong Ekspres di Pelabuhan Baro, nampak aktifitas para nelayan tidak melaut seperti hari biasanya.
Salah seorang nelayan Ujok mengungkapkan, Hari Iimlek seperti sekarang ini para nelayan biasanya banyak yang tidak melaut. Apalagi cuaca dan gelombang tinggi seperti sekarang.
Ujok,mengatakan hari ini cuma dua kapal nelayan yang melaut, itupun di sekitar Pulau Selat Nasik. “Jadi, mayoritas nelayan di sini tidak mau mengambil resiko jika harus memaksakan diri untuk mencari ikan di laut saat gelombang tidak bersahabat. Untuk mengisi waktu segang ini biasanya para nelayan memperbaiki kapal dan alat tangkap,”ucapnya.
Salah seorang nelayan lainnya Rapan, menjelaskan hari Imlek seperti sekarang ini biasanya sepi pembeli. Apalagi gelombang tinggi khawatir cuaca  dapat mengancam keselamatan jiwa.(mg1)

Baca Juga:  PLN Belitung Janji Berikan Pelayanan Terbaik, Kecuali Force Major

Rate this article!
Imlek, Nelayan Tak Melaut,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: