Ingin Memperpanjang SIM, Cukup Isi Data di Aplikasi Sinar Online

by -
Ingin Memperpanjang SIM Cukup Isi Aplikasi Online
Kasatlantas Polres Beltim, AKP Sugraito.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Bagi masyarakat Belitung Timur (Beltim) yang ingin memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) cukup mendownload aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) online melalui Playstore di handphone Android. Aplikasi ini memudahkan masyarakat tanpa harus mendatangi Satpas Polres Beltim.

Kasatlantas Polres Beltim AKP Sugraito mengatakan, aplikasi yang dilaunching pada tanggal 13 April 2021 tersebut berlaku serentak di seluruh Indonesia. Adapun pihak yang dikerjasamakan dengan kepolisian adalah kantor POS (PT Pos Indonesia) selaku penerima pembayaran perpanjangan SIM.

“Nanti kita mau memperpanjang SIM, itu cukup di rumah saja. Dalam arti, tinggal mengisi data terutama sim A dan C perpanjang. Melalui aplikasi download di playstore kemudian setelah itu, tertera dimana kita domisili,” ujar AKP Sugraito seizin Kapolres Beltim.

Dikatakannnya, layanan lain yang ditawarkan kepada masyarakat yang telah memperpanjang SIM adalah mengantarkan hasil cetaknya ke alamat langsung. Akan bagi yang mau mengambil ke kantor Pos juga diperbolehkan.

“Setelah selesai, di aplikasi itu kita juga kerjasama dengan kantor Pos dan akan mengantarkan. Kalau membuat dari pagi sebelum jam 12 akan diantar pada hari itu juga. Tapi kalau membuat diatas jam 12 diantar keesokan harinya. Kita sudah tandatangan MoU sama pos,” kata AKP Sugraito.

Menurutnya, perpanjangan SIM yang akan berakhir masa berlaku dapat dilakukan minimal 3 bulan sebelumnya. Bagi yang berniat memperpanjang SIM melalui aplikasi Sinar maka secara otomatis aplikasi menunjukkan bahwa SIM siap diperpanjang. “Minimal 3 bulan dan ini merupakan upaya Korlantas Polri melayani masyarakat. Biayanya langsung melalui aplikasi seperti layanan Gojek,” tandasnya. (msi)