Ingin Pelayanan Publik Lebih Baik

by -

PANGKALPINANG – Berupaya menciptakan sistem pemerintahan yang baik dalam memberikan pelayanan publik, Komisi I DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) bertandang ke Biro Hukum Setda DKI Jakarta guna melakukan konsultasi seputar pelayanan publik disana. Kehadiran komisi I di Ibukota negara tersebut dikarenakan dalam hal pelayanan publik DKI terbilang sangat baik.
Anggota Komisi I DPRD Babel, Deddy Wijaya menuturkan hasil konsultasi nantinya diharapkan dapat menjadi acuan serta bahan bagi pemangku kebijakan  untuk mereformasi pelayanan publik di negeri Serumpun Sebalai yang selama ini belum berjalan baik.
“Konsultasi yang dilakukan sasarannya yakni mencapai sistem pemerintahan yang baik di Babel ini. Terutama soal pelayanan publiknya,” ujarnya, kepada wartawan harian ini, Selasa (17/3) kemarin.
Dengan demikian lanjut Politisi Golkar itu, akan terakomodir dengan baik hak- hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik. Selain itu katanya, hasil konsultasi merupakan salah satu upaya penting bagi komisi I dalam perumusan payung hukum terkait penyelenggaraan pelayanan publik.
“Itu akan dijadikan dasar dan panduan kita untuk Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif yang mewujudkan kepastian tentang hak, tanggungjawab, kewenangan dengan pihak terkait penyelenggaraan publik. Juga untuk mewujudkan asas-asas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, terpenuhinya keinginan masyarakat dalam mendapatkan hak-hak pelayanan publik, mewujudkan partisipasi dan ketaatan terhadap meningkatkan kualitas,” paparnya.
Untuk itu, kata Deddy jika nanti Raperda sudah ada dan sah menjadi Peraturan Daerah (Perda) kiranya bisa menjadi acuan seluruh penyelenggara publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
“Itu sudah jelas kok diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan Undang-Undang (UU) nomor 32 tahun 2004 tentang transparansi penyelenggara pelayanan publik,” pungkasnya. (iam)