Ini Alasan Pembuatan KTP Lamban

by -

MANGGAR – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Ernadi melalui Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dukcapil Beltim, Suharman menanggapi keluhan masyarakat di surat pembaca harian Belitong Ekspres. Surat pembaca yang dimuat beberapa waktu lalu mempertanyakan kinerja Disdukcapil Beltim terkait lambannya pembuatan KTP dan surat Keterangan lainnya.

Suharman mengatakan, dalam memberikan pelayanan dokumen adminduk berdasarkan SPM (standar pelayanan minimal), sejak Januari 2015 Disdukapil sudah tidak menerbitkan KTP Non Eletrik. Sedangkan sisa hasil rekam KTP-e yang ada di Data Center Kemendagri Jakarta diserahkan ke Disdukcapil masing-masing Kabupaten/Kota untuk pencetakannya terpusat di Jakarta.

“Jadi kami harus menunggu data yang diserahkan oleh Center Kemendagri Jakarta. Ditambah lagi dengan penduduk yang baru rekam KTP-e di Kabupaten/Kota, sehingga terjadi penumpukan antri cetak. Kemampuan alat cetak/printer KTP-e, server error/Jaringan Interkoneksi error dan jaringan listrik PLN terkadang menjadi kendala dalam pelayanan,” terang Suharman, Jumat (10/4) pekan lalu.

Namun kata dian, kendala kendala tersebut dapat diatasi dengan memberikan surat keterangan pengganti jika penduduk membutuhkan untuk keperluan mendesak sembari menunggu hasil cetak KTP-e diterima oleh penduduk. Selaku Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk yang melaksanakan tupoksi pelayanan KTP, ia menjamin tidak ada kesengajaan untuk memperlambat/mempersulit pemberian pelayanan, ujarnya.

“Harapan kami agar penduduk terus berikan masukan dan kritik untuk perbaikan dalam peningkatan pelayanan yang kami berikan. Kami pun memohon maaf jika memang ada masyarakat yang hingga kini KTP masih di Dukcapil,” tandasnya. (feb)