Ini Penampakan Gerhana Matahari Sebagian di Belitung

by -
Ini Penampakan Gerhana Matahari Sebagian di Belitung
BMKG Belitung saat melakukan pemantauan GMC melalui teleskop di Pantai Tanjung Kelayang, Kamis (26/12/2019).

belitongekspres.co.id, SIJUK – Gerhana Matahari Cincin terlihat dari Pengamatan bersama di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung. Mulai dari pukul 10.40 WIB hingga 11:57 WIB, namun setelah itu tertutup awan dan hujan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bambang Setiyo Prayitno. Disebutkannya pula, bahwa untuk wilayah Belitung, pihaknya hanya melihat gerhana dalam waktu lebih dari setengah jam.

Ini Penampakan Gerhana Matahari Sebagian di Belitung
Penampakan Gerhana Matahari Sebagian oleh BMKG Belitung menggunakan teleskop.

Gerhana Matahari Cincin hanya bisa terpantau sekitar 30 menit dari kontak pertama, bulan mulai menutupi matahari pukul 10.40 WIB. Sedangkan di pukul 11.57 WIB, awan mendung mulai menghalangi GMC, dan pukul 11.58 WIB fenomena alam tersebut sudah tidak terpantau melalui teleskop.

“Setelah melaksanakan Shalat Kusuf atau shalat gerahana, tiba-tiba turun hujan, jadi kita tidak bisa mengamati gerhana dengan baik karena tertutup oleh awan,” terangnya.

Penampakan fenomena tersebut hanya sebentar. Namun menurut Bambang, yang terjadi di Kabupaten Belitung memang bukan Gerhana Matahari Cincin, melainkan Gerhana Matahari sebagian.

“Gerhana Matahari Cincin itu di wilayah Aceh, Batam, Singkawang hingga Tanjung Kelor. Di luar daerah itu Gerhana Matahari Sebagian. Kalau di Belitung ini bukan cincin, tapi Gerhana matahari sebagian, sekitar 80 persen yang tertutup oleh bulan,” ulasnya. (dod)

Editor: Subrata