Ini Prioritas RKPD Beltim Tahun 2021

by -
Ini Prioritas RKPD Beltim Tahun 2021
Kepala Bappelitbangda Kabupaten Beltim, Bayu Priambodo

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pemerintah daerah Kabupaten Beltim telah menetapkan 6 (enam) prioritas Rancangan Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan konsultasi publik yang dilaksanakan Bappelitbangda Kabupaten Beltim, Rabu (22/1/2020).

Dalam paparannya, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Beltim, Bayu Priambodo, menjelaskan secara rinci prioritas RKPD tahun 2021. Berikut rangkuman penjelasan yang dikutip belitongekspres.co.id dari paparan tersebut.

Prioritas pertama, Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik. Sasaran yang diharapkan adalah meningkatnya indeks reformasi birokrasi, meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan daerah dan meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.

Guna mewujudkan hal tersebut, arah kebijakan yang telah disiapkan meliputi penataan struktur organisasi pemerintah, penataan jumlah dan distribusi ASN, pengembangan sistem seleksi dan promosi secara terbuka, profesionalisasi ASN, pengembangan sistem pemerintahan elektronik yang terintegrasi, peningkatan pelayanan publik, peningkatan integritas dan akuntabilitas kinerja aparatur, kesejahteraan pegawai dan efisiensi belanja aparatur.

Prioritas kedua, Peningkatan Pelayanan Dasar dan Pemberdayaan Masyarakat. Sasarannya adalah meningkatnya rata-rata lama sekolah, meningkatnya usia harapan hidup, meningkatnya pembangunan gender dan meningkatnya keaktifan forum pembangunan berbasis masyarakat.

Kebijakan yang diarahkan pada prioritas ini adalah menekan angka putus sekolah, meningkatnya akses dan layanan pendidikan kesetaraan, peningkatan standar mutu pendidikan. Selain itu, menurunkan angka kematian ibu dan anak, konvergensi stunting dan optimalisasi pelaksanaan gerakan masyarakat sehat.

Prioritas ketiga, Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi di Sektor prioritas. Sasaranya adalah meningkatnya nilai tambah ekonomi di bidang pertanian, perikanan, pariwisata dan industri kreatif serta meningkatnya peran UMKM dalam perekonomian daerah. Kebijakannya adalah peningkatan kuantitas dan kualitas SDM, ekonomi kreatif, peran serta masyarakat, memudahkan akses permodalan, standarisasi produk UMKM dan meningkatkan skala pasar produk UMKM.

Prioritas keempat, Peningkatan Kualitas Infrastruktur. Sasarannya adalah meningkatnya konektifitas antar wilayah. Adapun kebijakannya berupa peningkatan, pemeliharaan dan pembangunan jalan dan jembatan, peningkatan, pemeliharaan dan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi bagi masyarakat, infrastruktur air baku dan perhubungan.

Prioritas kelima, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Pengurangan Resiko Bencana. Sasarannya adalah meningkatnya kualitas lingkungan hidup dan berkurangnya tingkat resiko bencana. Kebijakan yang diambil adalah pengendalian pencemaran dan pengrusakan lingkungan hidup, perlindungan dan konservasi SDA, rehabilitasi dan pemulihan cadangan SDA serta pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana dengan pemetaan kawasan resiko bencana.

Prioritas keenam, Peningkatan Ketahanan Pangan. Sasarannya adalah meningkatnya ketahanan pangan. Kebijakannya dengan peningkatan ketersediaan pangan masyarakat, peningkatan stabilitas penyediaan pangan dan peningkatan aksesibilitas pangan masyarakat.

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham