Ini Proses DPT KPU Bateng

by -

//DPS Ditempel Tempat Umum

KOBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) siap mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) setelah melakukan verifikasi dan pemutakhiran data dalam bulan ini. DPS akan diumumkan pada tempat-tempat umum, seperti tempat ibadah, kantor desa/kelurahan, aula desa dan bangunan sekolah yang dijadwalkan pada 1-2 September 2015.
Komisioner KPU Bateng Divisi Data, Informasi, Perencanaan, Keuangan dan Hubungan Antar Lembaga, Mahendra mengatakan, jika saat ini pihaknya melalui Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) tengah melakukan verifikasi di lapangan terkait keberadaan pemilih langsung ke rumah-rumah warga sesuai alamat bersangkutan.
“Jadi, PPDP mencari tahu langsung keberadaan pemilih di lapangan. Jika ternyata pemilih sudah pindah jiwa atau meninggal dunia langsung dicoret sebagai pemilih. Begitupun pemilih pemula yang tidak tercantum di dalam DP4, maka PPDP wajib memasukannya sebagai pemilih dengan mencantumkannya dalam laporan format A.KWK. Adapun jumlah mata pilih yang tercantum dalam DP4 saat ini 125.098 mata pilih yang tersebar di 56 desa 7 kelurahan dan 6 Kecamatan di Bateng,” ujarnya kepada RB, Kamis (6/8) kemarin.
Ia menambahkan, verifikasi DP4 hingga 19 Agustus 2015 akan dilanjutkan dengan pleno tingkat PPS, PPK dan KPU pada 1 atau 2 September 2015. Setelah pleno, maka data yang sudah diperbaharui menjadi DPS tersebut kembali disosialisasikan ke masyarakat. “DPS tersebut nantinya akan disosialisasikan pada tempat-tempat umum, mulai tempat ibadah, kantor desa, bangunan sekolah dan lain-lainnya dengan harapan, agar pemilih tahu kemudian akan mengeluarkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ungkapnya.
Lebih lanjut, Mahendra menjelaskan, usai sosialisasikan, PPDP bersama PPS kembali akan menampung aspirasi pemilih terkait pengeluaran suaranya. Jika, nama pemilih tidak terdaftar dalam DPS, maka yang bersangkutan dapat melapor ke PPDP, PPS, PPK atau ke KPU Bateng secepatnya. KPU Bateng kembali memplenokan hasil sosialisasi DPS menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 1 atau 2 Oktober. Termasuk bagi masyarakat yang tak terdaftar sebagai pemilih, namun memiliki surat keterangan domisili untuk dimasukan ke dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPT Tb) 1.
“Namun bila masih tak termasuk ke dalam DPT Tb, padahal memiliki identitas diri atau surat domisili berupa KTP, KK atau paspor dikeluarkan pihak berwenang, maka meraka akan dimasukkan ke dalam pemilih di DPT Tb 2, yakni pemilih yang mengeluarkan hak suaranya pada hari H atau pada 9 Desember 2015 dengan menunjukan surat domisili tersebut kepada pihak panitia di TPS,” tandas Mahendra.(and)