banner 728x90

IPC Belitung Bangun Destinasi Wisata Berbasis Kepelabuhan

Life at ease with amazing nature| Leebong island

IPC Belitung Bangun Destinasi Wisata Berbasis Kepelabuhan

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Indonesia Port Corporation (IPC) Belitung, berencana menyandingkan konsep pengembangan pelabuhan dengan pariwisata. Dengan membangun area publik, destinasi ini berbasis wisata kepelabuhanan. Konsep ini tentunya akan mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung sebagai destinasi wisata.

ADGM Sistem Informasi, Pelindo Cabang Tanjungpandan, Muqham Elsafad kemudian menunjukan lokasi yang akan dijadikan area publik tersebut kepada belitongekspres.co.id, Senin (07/10) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan, rencananya IPC akan memanfaatkan lahan kosong di sebelah barat terminal penumpang untuk dikembangkan menjadi area publik.

“Jadi nantinya ada batasan-batasan, ada lini 1 dan lini 2. Lini satu sifatnya terbatas, sementara lini dua untuk area publik. Namun masuknya tetap melalui pintu utama,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, IPC ingin membuat kawasan wisata untuk masyarakat Belitung. Sehingga bagi masyarakat yang ingin melihat proses bongkar muat kapal, bisa jalan-jalan ke pelabuhan. “Dari pada cuma ngintip lewat pagar, mending kita buat area publiknya, jadi tempat rekreasi gitu,” jelasnya.

Pengembangan tersebut akan mengarah ke arah pelabuhan KJUB PT Timah dengan memanfaatkan jalan sepanjang 400 meter untuk area publik. Area ini akan dibangun tempat kuliner, area bermain dan bersantai bersama keluarga.

Kemudian di sepanjang sisi pagar tersebut juga akan dihiasi mural atau lukisan dinding guna menghilangkan suasana kumuh. “Intinya pengembangan area ini untuk spot wisata khususnya masyarakat Belitung dan tidak menutup kemungkinan bagi turis dari luar daerah. Kemudian di sepanjang talut akan kami bangun taman dan spot foto,” jelasnya.

Muqham menargetkan, pembangunan destinasi wisata berbasis pelabuhan tersebut akan selesai pada tahun ini. “Saat ini sudah mulai dikerjakan, kita tergetkan akhir tahun ini selesai,” tandasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk pengembangan terminal penumpang, nantinya akan dibangun sebuah museum mini. Museum ini nantinya akan mengungkap sisi sejarah yang menceritakan perjalanan pelabuhan Tanjungpandan dari masa ke masa.

“Rencananya bertahap, akan kami buat seperti Museum Maritim di Pelabuhan Tanjung Priok, namun hanya sebatas foto-foto sejarah dari masa ke masa pelabuhan di Belitung,” katanya.

(Doddy | belitongekspres.co.id)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply