Ir Hermato Jabat Kadin Pariwisata

by -

Hermanto: Tinggal Sinergikan Pusat, Provinsi dan Kabupaten

TANJUNGPANDAN-Bupati Belitung Sahani Saleh telah mengambil sumpah dan melantik pejabat eselon II yang baru pada Jumat (6/3), pekan lalu. Salah satu pejabat yang dilantik yakni Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ir Hermanto yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Dengan dilantiknya Hermanto ini,  posisi pejabat sebelumnya Jasagung Haryadi mendapat promosi sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung.
Dalam wawancara dengan Hermanto tadi malam, dia mengatakan,  pada prinsipnya di level manapun jabatan yang diamanahkan sama saja. Hanya saja, tetap masih membutuhkan peran perilaku secara proporsional dari multi stake holder.  Sebab, tanpa dukungan, nantinya bisa mengalami kendala dalam proses. “Sepanjang semuanya mengarah pada sektor yang lebih baik, saya rasa tinggal menjalankan saja,’’ ujarnya.
Selain itu, dalam menjalankan organisasi, perlu ada terobosan-terobosan baru dan mensinkronisasikan peran-peran untuk mendukung terobosan tersebut. “Intinya, bagi saya tidak ada masalah atau bahkan pengaruh. Tinggal bagaimana mensinergikan program Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Daerah (Kabupaten,red),’’ katanya.
Sementara itu, pejabat eselon II lainnya yakni  dilantik Bupati, Jumat lalu, yakni ir Arpani yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung, sekarang menajabt Kepala Bappeda. Nurman Sunanda sebelumnya Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, sekarang sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat,Pemerintah Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Belitung.
Lantas, drg Hj Dian Farida MHM yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPMPDPKB Kabupaten Belitung, sekarang dipromosi menjadi fungsional dokter gigi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung.
Dalam sambutannya, Bupati Belitung menyatakan, setelah pelantikan selesai,  jangan sampai terjadi perubahan. Sebab,rencana kegiatan pemerintah Kabupaten Belitung semuanya telah tertuang di rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) maupun rencana program jangka panjang (RPJP). “Kita melihatnya dari sisi anggaran juga. Makanya, di awal tahun ini kita segera melakukan mutasi-mutasi,” kata Sanem sapaan akrab Bupati.
Bupati menjelaskan, tidak akan mungkin melaksanakan mutasi misalnya mendekati bulan akhir Desember 2015. Sebab, memang penyelesaian administrasi masalah keuangan, idealnya pada awal tahun semester pertama anggaran dimulai.
“Memang pasnya mutasi itu dilakukan bulan Januari-Februari 2015. Sehingga, tim sudah mulai bekerja. Dengan begitu, diharapkan memiliki pengaruh terhadap program perencanaan pembangunan yang sudah ada. Termasuk, penggunaan anggaran,” sebutnya.
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Belitung Ita Wahyuni mengatakan, prinsipnya tetap harus menterjemahkan undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah berlaku. “Pengumuman jabatan Plt di seluruh instansi Pemerintahan Kabupaten Belitung akan diseleksi secara terbuka,” jelasnya.
Dikatakannya, pihak BKPPD Belitung masih tetap melakukan koordinasi ke KASN.
Dan selanjutnya akan diusahakan pelaksanaannya pada minggu mendatang.(mg2)