Isyak Sebut Literasi Adalah Mesin Waktu, Mengantar ke Masa Depan dan Masa Lalu

by -
Isyak Sebut Literasi Adalah Mesin Waktu, Mengantar ke Masa Depan dan Masa Lalu
Isyak Sebut Literasi Adalah Mesin Waktu, Mengantar ke Masa Depan dan Masa Lalu
Kegiatan Workshop Literasi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung ini bertempat di Ruang Sidang Pemerintah Kabupaten Belitung, Selasa (26/11) kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, membuka kegiatan Talkshow Literasi Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca. Kegiatan yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung ini bertempat di Ruang Sidang Pemerintah Kabupaten Belitung, Selasa (26/11) kemarin.

Bertemakan Peningkatan Budaya Baca Masyarakat dalam mencari Informasi, acara ini menghadirkan Nirwan Ahmad Arsuka selaku narasumber.

Menurut Isyak Meirobe, literasi itu merupakan mesin waktu yang bisa mengantar orang ke masa depan dan juga membawa ke masa lalu. Sehingga, kalau sudah bisa berliterasi akan muncul kemampuan untuk mengurai apa yang akan dihadapi nanti.

“Berliterasi dapat membangkitkan minat baca, serta menambah wawasan untuk mencari informasi. Melihat kemajuan zaman sekarang secara keseluruhan sudah memasuki era digital,” katanya.

Isyak menghimbau kepada para siswa-siswi atau istilahnya anak milineal zaman sekarang, untuk meningkatkan literasi dengan cara memperbanyak membaca dan menulis. Karena dengan membaca dan menulis literasi pun semakin meningkat, sehingga dapat memberikan hal positif bagi kalangan masyarakat umum.

“Sebab literasi merupakan solusi dan inovasi yang berdampak baik bagi kemajuan di era digitalisasi sekarang,” terangnya.

Kemudian, Kata Isyak, kalau anak-anak generasi muda sanggup berliterasi, maka dia akan punya kunci untuk menentukan langkah dia secara tepat untuk masa depan, sehingga tidak meraba-raba.

“Kalau kita mempunyai kemampuan beliterasi, membaca, menulis, menerjemahkan dan lainnya, maka akan kita menguasai satu masa nanti itu,” terangnya.

Isyak mengungkapkan, ke depan, Pemda Belitung akan membuat fasilitas literasi elektronik jalanan untuk kita (Lejuk).

“Jadi kita letakkan di Pinggir jalan. Ada perlengkapan digital, orang mau baca buku elektronik ada, mau cerpen, komik, dan mau bikin tulisan juga ada. Tinggal masukan flasdisk dan masuk ke dalam koleksi yang ada,” terangnya.

Ketua Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kabupaten Belitung, Asmara, memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terlaksana kegiatan Talkshow tersebut.

“Dengan adannya ini diharapkan akan meningkatkan budaya minat baca pada generasi milineal,” katanya.

Turut hadir dalam talk show tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung, Rafeli, siswa-siswi sekolah, serta para tamu undangan lainnya.

 

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama