Isyak Sudah Ingatkan

by -

TANJUNGPANDAN- “Mari bertindak” itulah kalimat awal yang dikirimkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung Isyak melalui pesan media sosial.

Di dalamnya juga tertulis “Beberapa hari lalu seiring perkembangan kondisi langit dan udara wilayah Sumatera, Jambi, Palembang dan Kalimantan telah merisaukan saya. Dalam paripurna dan rapat dengan bupati dan jajaran secara resmi telah kami sampaikan agar segera mengambil langkah antisipasi terhadap kemungkinan¬† bencana asap yang bisa terjadi baik karena pembakaran lahan secara lokal di Belitung maupin kiriman karena faktor tiupan angin dari wilayah bencana lainnya”.

Isyak melanjutkan “kini terbukti kekuatiran saya terjadi, sejak pagi tadi (Jum’at) asap telah melanda hampir sebagian besar wilayah Belitung bahkan bandara Has Hanandjoeddin pub sudah tertutup yang menyebabkan pesawat delay dan kemungkinan terjadi penutupan bandara sementara jika otoritas bandara mengangap ini berbahaya,” kata Isyak dalam pesannya.

Kata Isyak, kerugian sangat banyak terutama kunjungan turis diakhir pekan yang sudah atau belum reservasi ke Belitung. Belum lagi kesehatan pernafasan warga akan sangat terganggu serta citra Belitung sebagai daerah yang jauh dari hal hal seperti bencana menjadi tercoreng.

“Ini harus disikapi dan segera diambil tindakan dengan berkoordinasi lintas instansi serta dengan pemerintah pusat. Instansi lokal segera membagikan masker kepada masyarakat dan memberi himbauan jika tidak ada kegiatan sebaiknya tetap di rumah. Kemudian masyarakat wajib hentikan segala aktivitas yang akan menyumbang asap lebih banyak seperti pembakaran sampah dan lahan,” tulis Isyak.

Di dalam tulisan tersebut nampaknya dia kesat. Bahwa peringatannya beberapa hari lalu dan dianggap remeh. Menurutnya asap ini mau kiriman tetap akan semakin pekat jika pola hidup dan pola pikir kita masih gunakan bakar membakar dalam buka lahan di situasi kemarau panjang ini.

“Dampaknya akan sangat besar untuk kesehatan dan ekonomi Belitung, menganggu transportasi semua matra laut udara dan darat. Saya mengajak semua pihak Segera bertindak,” tutupnya. (ade)

Berikut solusi yang ditawarkan dan tips ala Isyak  Meirobie :
1. Berhenti membakar sampah, lahan yang berkontribusi menambah kepekatan asap.
2 .Gunakan masker saat berada di luar.
3. Nyalakan lampu kendaraan saat bepergian.
4. Berdoa hujan turun dan angin bertiup lebih cepat.