IUMK Permudah Pendataan Jumlah Usaha

by -

PANGKALPINANG – Kepala Bidang UMKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kota Pangkalpinang Lalita Tatiana Dewi menjelaskan , Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang segera menerbitkan surat izin usaha mikro dan kecil (IUMK) guna mempermudah pendataan terhadap jumlah usaha mikro dan kecil yang ada di Kota itu.
“Surat izin tersebut akan dikeluarkan sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 98 tahun 2014 tentang perizinan usaha mikro dan kecil,” ujarnya Senin (30/3) kemarin.
Lalita menambahkan, kedepannya izin usaha tersebut akan diberikan secara gratis untuk memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan sumber daya manusia atau meningkatkan jenis usaha masyarakat.
“Kami juga akan berkonsultasi ke Kementerian mengenai teknis pemberian izin tersebut. Jika sudah pasti, baru kami sampaikan ke Camat. Sebelum itu Camat harus menerima pendelegasian terlebih dahulu dari walikota,” katanya.
Ia juga mengatakan, selain berdasarkan Perpres nomor 98 tahun 2014, perizinan tersebut juga dikeluarkan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri no 83 tahun 2014 tentang pedoman pemberian IUMK.
“Untuk masalah perizinan nantinya akan diberikan oleh Camat berdasarkan dari peraturan walikota. Sekarang ini kami akan mempercepat sosialisasi tentang perizianan usaha tersebut,” jelasnya.
Masih katanya, perizinan tersebut diberikan secara gratis, karena setiap tahunnya banyak usaha mikro dan kecil yang tumbuh di Kota Pangkalpinang. Sehingga bisa mempermudah Pemkot Pangkalpinang melakukan pendataan.
“Kalau dilihat dari pertumbuhannya, untuk tahun 2014 mencapai 350 unit. Namun target kami UMK setiap tahun tumbuh sebanyak 500 unit. Jika usaha tersebut memiliki izin, maka bisa mempermudah Pemkot Pangkalpinang memberdayakan para pelaku usaha agar bisa bersaing dan mengembangkan usahanya,” imbuhnya.
Lanjut Lalita, agar perizinan tersebut bisa segera terlaksanan, pihaknya harus menyusun Peraturan walikota (Perwako) dan berkonsultasi ke Kementerian. “Tahun ini nantinya bersifat sosialisasi dulu guna menjelaskan kepada mereka sebelum mengajukan izin ke Camat, harus mendapat surat pengantar dari RT/RW terlebih dahulu untuk pengurusan izinnya,” tukasnya. (cr61)