Jabatan Bupati Berakhir 6 September

by -

MANGGAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akan menggelar rapat paripurna usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Beltim periode 2010-2015 pada Senin (3/8) mendatang. Sebelumnya, DPRD sudah menggelar Paripurna tentang laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan (LKPJ-AMJ) Bupati dan Wakil Bupati masa kerja 2010-2015, Kamis (30/7).
“Masa berakhir masa habis jabatan Bupati dan Wakil Bupati pada 5 September 2015 mendatang. Jadi masih ada waktu sekitar 1 bulan kedepan Bupati Beltim, Basuri T Purnama dan Wakilnya, Zarkani Mukri untuk membereskan kerjanya di Pemkab Beltim,” ungkap Sekertaris Dewan (SekwanI Evi Nardi saat ditemui Belitong Ekspres di ruang kerjanya, Jumat (31/7) kemarin.
Kata Evi Bupati dan Wakil Bupati Beltim masih berhak masuk kantor sebelum tanggal penetapannya habis masa jabatan yakni pada 5 September mendatang.
“Kemudian untuk Penjabat (Pj) Bupati Beltim (M.Hardi-red)) akan mulai masuk menggantikan Bupati, juga berlangsung pada 6 September 2015 mendatang,” terangnya.
Usulan penetapan pemberhentian Bupati ini akan diusulkan melalui rapat paripurna dan setelah itu diberikan melalui Gubernur untuk dilanjutkan ke Menteri Dalam Negeri.
“Untuk draf usulan pemberhentian Bupati sudah kita buat. Yang akan ditandatangani Ketua DPRD Beltim, Tom Haryono Harun dan juga Saya selaku Sekwan, tertanggal 3 Agustus 2015. Nantinya,  hingga dikeluarkannya SK Menteri Dalam Negeri tentang pemberhentian, ini akan berlaku selama 30 hari setelah surat pengusulan. Nah di situ nantinya Menteri Dalam Negeri kembali akan mengeluarkan SK kepada Gubernur, dan Ketua DPRD tentang pemberhentian Bupati sekaligus mengangkat Pj Bupati,” tutupnya. (feb)