Jadi Tauladan Masyarakat, Dandim 0414 Belitung Sebut Babinsa di Lini Terdepan

by -
Jadi Tauladan Masyarakat, Dandim 0414 Belitung Sebut Babinsa di Lini Terdepan
Kegiatan Apel Danramil dan Babinsa ini di laksanakan setiap akhir tahun yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menambah kemampuan, Selasa (3/12/2019)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dalam menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah atas percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Belitung, Kodim 0414/Belitung melaksanakan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar Tahun 2019, Selasa (3/12).

Apel tersebut salah satu pembinaan teritorial di wilayah yang merupakan fungsi utama dalam menyiapkan ruang, alat, serta kondisi juang yang tangguh.

Dengan Tema “Danramil dan Babinsa Profesional Kebanggaan Rakyat”, kegiatan Apel Danramil dan Babinsa ini di laksanakan setiap akhir tahun yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menambah kemampuan Danramil dan Babinsa dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di wilayah masing-masing.

Setelah Upacara pembukaan, dilanjutkan pembekalan materi yang disampaikan oleh Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang dengan materi peran Babinsa dalam pembinaan teritorial di wilayah. Selanjutnya, materi disampaikan oleh Kasdim Mayor Inf Trijoyo dengan materi Sikap Ter, dan materi Manajemen Ter Oleh Kapt Inf Safrudin.

Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang, S.Sos, M.I.Pol, menyampaikan, Babinsa merupakan ujung tombak yang berada di lini terdepan dan langsung berhadapan dengan masyarakat. Kewajibannya yaitu membina masyarakat dengan metode pembinaan teritorial yaitu Metode Binwanwil, Binkomsos, dan Binbakti TNI.

“Kita harus selalu menjadi contoh dan tauladan dalam kehidupan sehari-hari di wilayah Desa binaan. Seperti selalu taat beribadah sesuai agama masing-masing, taat peraturan berlalulintas, budaya hidup bersih dan sehat, serta mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat di lingkungan tempat tinggal kita,” kata Dandim.

Selain itu, kata Dandim, sebagai seorang prajurit jangan pernah melupakan jati diri TNI sebagai Tentara Pejuang, Tentara Rakyat, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

“Jadi kita harus mengimplementasikan Santi Aji yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI serta lima kemampuan teritorial. Santi Aji ini sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas di wilayah, agar selalu berhasil dalam melaksanakan tugas-tugas dari Komando atas,” tegas Dandim.

Apel Danramil dan Babinsa ini diikuti oleh seluruh Danramil, Babinsa dan Calon Babinsa sekitar 75 orang.

Editor: Subrata
Reporter: Faizal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *