Jafri Impikan Kemajuan Kota Manggar

by -
Jafri Impikan Kemajuan Kota Manggar
Jafri Impikan Kemajuan Kota Manggar
Ketua Panitia Pansus Pembentukan Perda Hari Jadi Kota Manggar, Drs Jafri, M.Si

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Hari Jadi Kota Manggar, Drs Jafri, M.Si menyebutkan, memajukan kota Manggar sudah merupakan cita-citanya sejak dahulu. Dengan kondisi yang ada saat ini, dirinya berharap agar kota Manggar bisa lebih maju dari sebelumnya.

Hal itu dikatakan Jafri tepat pada tanggal 9 Oktober 2019 kemarin, kota Manggar memasuki usia ke 148. “Dengan hari jadi ini, kita peringati, kita syukuri, kita jaga bersama aset-aset yang menjadi milik kita bersama, yang dibangun oleh pemerintah. Dan juga, kita harus siap menjadi daerah tujuan wisata,” tutur Jafri kepada belitongekspres.co.id, Rabu (9/10) kemarin.

Selaku ketua Pansus terbentuknya Perda tentang Hari Jadi Kota Manggar, Jafri sudah berkoneksi ke berbagai daearah, terutama ke arsip dan perpustakaan nasional di Jakarta, serta perpustakaan yang ada di Sumatera Selatan. Tujuannya untuk menggali sejarah lahirnya kota Manggar.

“Memang sebagaimana kita ketahui, pada hari ini kita peringati Hari Jadi Kota Manggar yang ke 148, dan itu memang berdasarkan kajian-kajian, oleh tim yang terdiri dari beberapa elemen masyarakat. Kemudian kami tindaklanjuti dengan Pansus, kami bekerja dengan sungguh-sungguh, sehingga munculah peraturan daerah tentang hari jadi kota Manggar,” ungkap Sekretaris Komite Pembentukan Kabupaten Beltim tersebut.

Tentunya, kata Jafri, sebagai masyarakat Manggar, dirinya berharap agar Manggar dijaga bersama-sama, diperbaiki, dan juga harus mencoba untuk siap menjadi kota tujuan wisata. Karena, lanjutnya, jangan sampai ada hal-hal yang dibangun pemerintah, terus tidak siap untuk dijaga bersama.

“Dengan menjaga bersama, kita sama-sama menjaga kebersihan, terus kita menjadi orang wisata. Kalau orang wisata itu kita tahu, bagaimana sih menyambut wisata. Tentu dengan berbagai pembenahan, terutama pembersihan-pembersihan di tempat wisata, kantor-kantor pemerintahan, di Jalan dan sebagainya,” terangnya.

Hingga saat ini Jafri merasa kemajuan kota Manggar kian mengalami peningkatan. Sementara itu, tinggal beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan, seperti halnya even-even, serta pembenahan infrastruktur yang lainnya. Diantaranya seperti pantai, lokasi bersejarah, situs-situs, tempat ibadah, serta lain sebagainya.