Jaga Wilayah Potensi Ikan Babel

Indra Ambalika. Foto : Babel Pos

PANGKALPINANG – Harga ikan di Bangka Belitung selama ini kerap dinilai sebagai salah satu penyumbang inflasi di Babel. Menurut Dosen Ilmu Kelautan Universitas Bangka Belitung (UBB), Indra Ambalika, harga ikan di Babel cenderung dinamis karena dipengaruhi banyak faktor.

RajaBackLink.com

“Kita semua tentu setuju kalau ikan adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki peranan sangat strategis, sehingga sudah sepatutnya dijaga dengan sebaik-baiknya. Karena orang Bangka ini ada istilah kalau tidak makan ikan, maka belum makan. Jadi ini memang merupakan kebutuhan sandang ekonomi yang sangat penting,” ujarnya kepada Babel Pos.

Baca Juga:  Eko Wijaya untuk Babel: Beasiswa, Motor Sampah, Bibit, Hingga Sumur Bor

Indra mencontohkan, salah satu daerah yang memiliki potensi strategis yakni laut Bangka Selatan. Saat gelombang musim utara atau musim angin barat yang menyebabkan gelombang dari laut Natuna berdampak di wilayah timur maupun barat Bangka Belitung, laut Bangka Selatan menyumbang banyak pasokan hasil laut.

Baca Juga:  IKT Timah Datangi DPRD Babel: Kami Ingin IUP Tetap Utuh!

“Wilayah laut selatan Bangka punya banyak potensi ikan, cumi dan sebagainya. Hasilnya pun di sebar ke Pangkalpinang, Sungailiat, Muntok dan lainnya. Oleh karena itu potensi laut terutama ikan-ikanan ini sangat penting dijaga untuk ketahanan pangan daerah Bangka Belitung,” sebutnya. (lya)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply