Jalan Pasar Akan Dijadikan Pusat Jajanan Kuliner Malam

by -1 views

MANGGAR – Ruas jalan pasar Lipat Kajang diwacanakan menjadi pusat jajanan dan kuliner di kota Manggar. Rencananya, ruas jalan yang akan dimanfaatkan dimulai dari ruas jalan depan warung kopi Ayung (lampu merah) Manggar hingga ke halaman depan Pasar Lipat Kajang Manggar.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Beltim, Syahrial menyebut bahwa penempatan para pedagang kaki lima di sekitar ruas jalan merupakan penataan kawasan pasar Lipat Kajang. Jalur yang ditata dengan atap Kanopi akan menjadikan jajanan kuliner lebih tertib dan menumbuh kembangkan gerakan perekonomian masyarakat Beltim.

Ia berharap, pemindahan pedagang akan menjadikan kawasan pasar Lipat Kajang tidak lagi semrawut. Serta menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat dan wisatawan.

“Anggaran sudah siap. Nanti, setelah kita bangun mulai dari jalan depan warkop Ayung hingga pasar semua pedagang kuliner tidak lagi berserakan, kita alihkan ke situ. Jadi lebih rapi dan lebih ramai. Bahkan kalau turis masuk Beltim mereka berminat untuk menginap untuk menikmati jajanan kuliner Beltim,” ujar Syahrial, Rabu (17/1) kemarin.

Syahrial menambahkan pembangunan pusat jajanan dan kuliner pasar Lipat Kajang segera dimulai tahun ini (2018). “Itu khusus malam hari, jadi paginya jalanan kembali rapi, pedagang tetap menjaga kebersihan sehabis berdagang,” sebut Syahrial.

Untuk diketahui, rencananya saat pusat jajanan kuliner aktif di malam hari, pengguna jalan menuju pelabuhan akan dialihkan melewati jalan kantor Pegadaian. “Ya nanti untuk pengguna jalan kita alihkan lewat pegadaian kalau mau menuju pelabuhan, itu khusus malam hari. Untuk paginya tetap normal,” ulasnya. (msi)