Jalan Rusak Sijuk Akibat Truk Tambang

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*PU Bina Marga Akui Kondisi Ini

TANJUNGPANDAN-Kerusakan jalan di Kecamatan Sijuk yang diakibatkan karena adanya aktivitas pengangkutan bahan tambang galian pasir oleh kendaraan angkutan truk muatan lebih (over load).  Akibatnya, beban kendaraan sudah tidak sesuai dengan kemampuan daya dukung badan jalan.
Hal ini seperti diakui langsung Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Agus Affandi.  Agus mengatakan, setelah pihaknya mendapat laporan dari sejumlah masyarakat atas kondisi jalan yang sudah ditanami pohon pisang dan pohon kelapa oleh warga masyarakat di lokasi setempat, tim teknis PU langsung turun ke lapangan. Tujuannya, melakukan identifikasi sebagai upaya penanganan di lapangan.
“Kerusakan ini (Jalan Sijuk,red) karena aktivitas penambangan pasir. Dan kita juga sudah survei bahwa sebagian besar kondisi jalan kita di Belitung ini masih standar. Jadi, ketika ada kendaraan dengan angkutan yang tidak sesuai, ya, otomatis tetap rusak-lah,” kata Agus kepada wartawan Belitong Ekspres, lalu di Kantor Perwakilan Dinas PU Provinsi Babel.
Menurut Agus, penanganan perbaikan kerusakan jalan tersebut tidak serta merta. Namun harus dilihat dengan kemampuan anggaran. Apakah itu secara bertahap atau tidak. Artinya, akan disesuaikan dengan porsi dan kemampuan anggaran yang ada.
“Sebab, kita sudah prediksi di awal, anggaran akan diplot dua kilometer. Namun, setelah kami hitung-hitung dari porsi penganggaran ternyata itu tidak terjangkau,” kata dia.
Meski begitu, upaya preventif, lanjut Agus, tetap dilakukan. Entah dengan menggunakan anggaran sekarang ini atau menunggu tahap berikutnya. Yang penting jangan sampai kerusakannya semakin parah. “Proses lelang sudah selesai dan kontraknya baru berjalan sekarang ini,” bebernya.
Dikatakan, khusus untuk pengerjaan jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Belitung ini jumlahnya sekitar 899 kilometer. Namun, ketika dilakukan pendataan kecil dan koreksi ternyata memang ada kerusakan.  “Pada dasarnya sebagian besar sudah hampir baik dan mencapai 97 persen dari panjang jalan 889 kilometer. Dan memang segmen jalan kita masih banyak yang rusak,” ungkapnya.
Agus menyebutkan, pagu anggaran perbaikan jalan Provinsi di tahun 2016 mendatang, yakni sebesar Rp 45 miliar. Bisa dibayangkan, besaran anggaran dengan panjang jalan 889 kilometer.
“Karena itu, target perencanaan biaya pelebaran sepanjang kurang lebih dua kilometer sesuai yang sudah kami usulkan, kami harapkan ada kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah daerah Belitung. Terutama ketersediaan lahan untuk pelebaran,” tukasnya. (mg2)

Rate this article!
author

Author: