Jalan Sudirman Bakal Dilebarkan

by -

*DPU Sosialisasikan Program,  Beberapa Warga Mendukung

TANJUNGPANDAN-JalanJendral Sudirman Tanjungpandan, mulai Masjid Jamik Al Mabrur hingga Terminal Tanjungpandan rencananya akan dilebarkan. Setelah sempat tertunda beberapa tahun lalu yang hanya dibeton kanan kiri, kini rencana pelebaran jalan sudah di depan mata. Setidaknya, proyek untuk meningkatkan kualitas jalan protokol tersebut mulai disosialisasikan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Belitung. Termasuk soal pembebasan lahan.

“Untuk pembebasan lahan tahun 2015 sudah mulai sosialisasi, dan masyarakat sudah diinformasikan dalam beberapa kali pertemuan,” kata Plt DPU Kabupaten Belitung Rospendi, Jumat (11/9), kemarin.
Menurut dia, pelebaran rencananya dimulai dari simpang terminal hingga Masjid Al Mabrur. Panjangnya diperkirakan sejauh 2,3 kilometer. Rospendi mengatakan pelebaran jalan menggunakan dana APBN. Diharapkan dari dana APBN, itu bisa terealisasi tahun 2016 mendatang.
Sementara harga per meter belum ditentukan. Sejauh ini DPU baru sebatas sosialisasi. Masalah harga akan ada pertemuan tim dengan masyarakat, berapa harga untuk pembayaran per meter perseginya sebagai ganti rugi.
“Kalau pembebasan ini berdasarkan nilai NJOP (nilai jual obyek pajak) dan harga pasaran. Kami dalam hal ini akan menggunakan konsultan juga untuk menghitung,” tukasnya.
Rospendi lebih jauh menjelaskan, di lokasi yang hendak dibebaskan atau terkena dampak langsung dari pelebaran jalan ada sekitar 200 kapling. Ia belum bisa memaparkan berapa anggaran pembebasan lahan secara detilnya. Ia juga mengaku belum dapat informasi berapa dianggarkan untuk pelebaran jalan di tahun 2016.
Sebelumnya tahun 2008, pemerintah Kabupaten Belitung juga melakukan pelebaran Jalan Jendral Sudirman. Yaitu dari Bandara hingga simpang terminal. Pada saat itu biaya pembebasan lahan bervariasi. Mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 100 ribu-an per meter sebagai ganti rugi untuk warga pemilik lahan. “Initinya kami akan berusaha melaksanakan itu berdasarkan pertimbangan matang,” pungkasnya.
Sementara itu, beberapa warga masyarakat di Tanjungpandan mengaku mendukung dengan proyek tersebut. Alasan warga, proyek ini akan menambah kondisi jalan lebih baik, luas, rapi. “Kan enakan kalau jalannya lebar. Juga tak resiko tinggi terjadi kecelakaan, kemudian pasti rambu-rambu juga akan bias terpasang dengan baik,’’ papar Wahyu, kepada Belitong Ekspres, kemarin.
Warga lainya juga menyatakan mendukung dengan proyek pelebaran jalan Sudirman tersebut. “Saya sangat mendukung. Kalo posisi jalan seperti jalan di Aik Raya hingga bandara, sudah sangat bagus dan lebar. Nampak seperti kota benar. Itu sama lampu penerangan jalan pasti akan lebih tertata dan jalanan jadi terang, baik lah. Soal ganti rugi silakan dimusyawarahkan untuk kepentingan bersama dan lebih luas agar daerah makin maju,’’ tutur Heri kepada Belitong Ekspres,  Jumat (11/9), kemarin. (ade)