Jalur Laut Rawan Narkoba, BNNK Belitung Akan Bangun Sinergitas Lintas Sektor

by -
Jalur Laut Rawan Narkoba, BNNK Belitung Akan Bangun Sinergitas Lintas Sektor
Kepala BNNK Belitung, Nasrudin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung menyebutkan jalur laut Belitung memiliki potensi kerawanan yang tinggi dalam penyelundupan dan peredaran gelap narkoba. Itu disampaikannya pasca penangkapan 3 orang yang diduga terlibat narkoba di kawasasan PPN Tanjungpandan, Kamis (18/2).

“Artinya ini menjadi pilihan untuk sindikat narkoba, membawa barang haram itu untuk masuk ke Belitung. Makanya kita harus melakukan kewaspadaan bersifat ekstra, dengan adanya penangkapan kemarin, menjadi pembelajaran kepada kita,” kata Nasrudin kepada Belitong Ekspres, Senin (22/2).

Menurut Nasrudin, dengan adanya penangkapan sindikat narkoba oleh Tim BNN Provinsi Babel dia mengajak seluruh elemen di Belitung untuk mengambil “spirit” atas kejadian itu. Sehingga semuanya berkomitmen bersih narkoba.

“BNN tidak bisa berbuat sendiri, dari semangat komitmen kebersamaan ini, baru kita merasakaan adanya tanggung jawab untuk menghadapi perang melawan narkoba secara bersama. Ingat BNN Pusat sudah menyatakan perang terhadap narkoba, dan itu bisa sendiri tapi harus bersama-sama,” tegasnya.

Kata dia, saat ini secara angka belum membuat tabulasi, namun hasil pemantauan rekan-rekan di lapangan agar mewaspadai titik-titik yang diduga pelabuhan tikus. “Jalur-jalur tikus yang memungkinkan kerawanan itu akan dimanfaatkan. Dan semuanya juga yakin jalur laut jalur yang paling seksi, setelah memetakan semua lini,” bebernya.

Nasrudin menambahkan, Belitung juga rawan menjadi transit peredaran gelap narkoba baik untuk masuk dan beredar hingga diteruskan ke luar daerah lain, misalnya Jakarta. “Maka ini juga harus ekstra waspada karena setiap masing-masing potensi pasti ada makanya kami membutuhkan laporan-laporan informasi,” katanya.

Ia menambahkan, menindaklanjuti penangkapan tersebut maka BNNK Belitung akan membangun kerjasama dan sinergitas lintas sektor. “BNNK Belitung ngin mengajak semua pihak baik tokoh masyarakat dan tokoh agama bersama-bersama perang melawan narkoba,” ujarnya. (dod)