Jamro Belum Mikir, Nursamsu Tunggu Partai

by -

/// Pilkada Babar : Nasdem-Hanura Makin Intens

TOBOALI-Sang incumbent, Bupati Bangka-Selatan (Basel) H. Jamro masih menyembunyikan keinginan untuk kembali mencalonkan diri menjadi Bupati pada Pilkada tahun ini. Menurut Jamro,masalah pencalonan tersebut biarkan berjalan apa adanya. “Terima kasih atas perhatiannya. Masalah 2015 (pilkada-red) biarlah mengalir saja. Saya belum memikirkan, belum tentu masalah maju,”ujarnya singkat menjawab pesan singkat RB, Rabu (25/3) kemarin.
Pentahana lainnya, Wakil Bupati Basel, Nursamsu ketika ditanyai langkah politiknya dalam Pilkada mendatang menuturkan, dirinya menyerahkan sepenuhnya urusan tersebut kepada partai tepat dirinya bernaung. Hanya saja Ia megakui dirinya sudah banyak mendapat dukungan dari masyarakat Basel.”Ya tergantung partai nantilah bagaimana,”sebutnya.
Sementara itu, salah satu kader yang juga anggota DPRD dari PDI Perjuangan, Firmansyah disebut-sebut juga akan ikut berkompetisi pada Pilkada mendatang membenarkan dirinya telah mengambil formulir pendataran bakal calon kandidat dari PDIP. “Insya Allah, kalau mengambil formulir pendaftaran di sekretariat PDIP Basel memang benar. Tapi semua itu keputusan tetap di tingkat DPC, DPD dan DPP,ujarnya.
Sebelumnya Partai Demokrat Bangka Selatan akan menduetkan birokrat dan politisi dalam Pilkada nanti. Demikian diungkapkan Ketua Divisi Informsi dan Komunikasi Partai Demokrat Basel Rusmin Minggu (22/3).
“Kita dari partai percaya dan yakin pasangan yang akan dimajukan dalam Pilkada nanti bukanlah bangsawan pikiran bangsa yang baru dikenal masyarakat Basel, karena keduanya memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat Basel. Keduanya sudah sangat dikenal dan mengenal masyarakat dan karakter Basel secara komprehensif. Tinggal ketika keduanya mendapat kepercayaan langsung on dan bekerja dengan keinginan masyarakat,”imbuhnya.
Terpisah,Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Bangka Barat Nendar Firdaus mengungkapkan, saat ini komunikasi politik antara Nasdem dan Hanura terus dilakukan untuk mengusung kedua kader partai tersebut pada pilkada di Babar mendatang.”Hingga saat ini, kesepakatan secara tertulis memang belum ada, namun komunikasi yang dilakukan antara Nasdem dan Hanura sudah cukup intens,”ungkap Nendar kepada Radar Bangka,Rabu (25/3).
Meurut dia, siapapun nanti figur yang akan diusung oleh Nasdem, tentunya figur tersebut sudah memiliki kesamaan baik visi maupun misi dengan partai.Tentunya visi misi tersebut untuk kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat khususnya di Babar.”Dan kita tetap mengacu kepada instruksi DPP Partai Nasdem yang ada di pusat, karena prinsip partai kita ini tidak mesti kader internal partai saja yang akan diusung, tapi apabila ada figur eksternal partai yang dianggap mampu dan memiliki potensi untuk maju pada pilkada nanti, maka semua kader partai akan bergandeng tangan untuk mendukung figur sebagaimana yang sudah ditunjuk oleh DPP Partai Nasdem. Jadi kita satukan visi misi kita, nah tampaknya Hanura ini memiliki satu visi misi yang sama dengan kita (red-partai nasdem), jadi besar kemungkinan antara Nasdem dan Hanura akan berkoalisi pada pilkada di Kabupaten Babar,”tutup Nendar Firdaus.
Sementara Ketua DPC Partai Hanura Babar Markus mengakui bahwa komunikasi politik yang terjalin antara kedua partai ini memang terbilang intens, tapi komunikasi tersebut saat ini baru sebatas lisan saja belum ada kesepatan secara tertulisnya belum ada. Dikatakannya sejauh ini Hanura sendiri telah menyiapkan kader untuk maju sebagai calon Bupati pada pilkada nanti, yaitu Incumbent Wabup Babar sekarang Haji Sukirman.”Beliau kader Partai Hanura yang cukup memiliki potensi untuk dicalonkan, dan mudah-mudahan disetujui oleh DPP. Kita masih menunggu keputusan DPP sedangkan DPC dan DPD sudah merekomendasikan pak haji ini ke DPP,”tutup Markus.(bim/cr63)