Jamro Diingatkan Tak Lakukan Mutasi

by -

//  Terkait Akhir Masa Jabatan

TOBOALI – Anggota DPRD kabupaten Bangka Selatan (Basel), Samsir mengingatkan, Bupati H Jamro agar tidak melakukan pergeseran jabatan atau mutasi menjelang berakhirnya masa jabatan sang kepala daerah (kada).
Hal ini, kata Samsir, sesuai dengan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2014. “Sama halnya dengan Bupati Basel yang masa jabatannya akan berakhir Agustus 2015. Berdasarkan aturan itu, maka terhitung 1 Maret tidak diperbolehkan lagi untuk melakukan mutasi jabatan,” katanya kepada wartawan, Sabtu (28/2).
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menambahkan, sesuai aturan itu juga, dalam kurun waktu 6 bulan Bupati tidak boleh mengambil kebijakan setrategis. Hal ini diamanatkan dalam pasal 71 ayat 2 bahwa incumbent atau patahana dilarang melakukan pergantian jabatan  6 bulan sebelum masa jabatan berakhir. Dan pada ayat berikutnya (3) dijelaskan juga bahwa incumbent atau patahana dilarang menggunakan program dan kegiatan  pemerintah daerah untuk kegiatan untuk pemilihan 6 bulan sebelum masa jabtannya berakhir.
“Jika incumbent atau patahana sampai melanggar aturan sebagaimana pada pasal dan ayat tersebut maka bisa dikenai pembatalan sebagai calon oleh penyelenggara pemilu (KPU),” tegas Samsir.(bim)