Jangan Ada Intervensi Penerimaan Polisi

by -
Ilustrasi-Penerimaan-Polisi-600x330
Ilustrasi

PANGKALPINANG – Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigjen Pol Yovianes Mahar mengingatkan jangan sampai ada intervensi kepada pihak Panitia dalam Pendaftaran Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2016 yang dilaksanakan melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM).
“Saya himbau kepada seluruhnya agar tidak melakukan intervensi atau turut campur tangan terhadap Biro SDM pada saat penerimaan calon Taruna-Taruni Akpol, Bintara, Brigsus dan juga Tamtama Polri Tahun 2016. Saya tegaskan agar memberikan keleluasaan kepada Panitia dalam melakukan perekrutan,” ungkapnya, kemarin.
“Dengan keleluasaan ini, saya mengharapkan dalam seluruh tahapan perekrutan calon anggota Polri harus sesuai dengan prosedur-prosedur dan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Biarlah pada akhirnya nanti kita mengetahui kualitas dari hasil perekrutan tersebut,” tambahnya.
Sebelumnya, Polda Babel dan para pendaftar beserta orang tuanya pun telah menandatangani Pakta Integritas. Adapun jumlah pendaftar yang di Verifikasi mencapai 1.237 orang. Diantaranya 31 Akpol (22 Pria dan 9 Wanita), 13 Bintara Khusus (10 Pria dan 3 Wanita), 901 Bintara Umum (767 Pria dan 134 Wanita) dan 292 Tamtama (Pria).
Selanjutnya mereka harus menjalani tahapan tes, meliputi Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal, Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Tahap I, Tes Psikologi, Pengujian Akademik, Rikkes Tahap II termasuk Keswa, Pengujian Kemampuan Jasmani, Pendalaman PMK, Rikmin Akhir, Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Panda, Supervisi di Panda oleh Panpus, Sidang Terbuka Kelulusan Akhir Khusus Bintara dan Tamtama.
Sedangkan khusus Calon Taruna Akpol setelah Sidang Kelulusan Tingkat Panda, langsung dikirim ke Panpus untuk mengikuti tes di tingkat Pusat, yaitu Rikmin, Rikkes, Tes Psikologi Wawancara dan Pendalaman PMK, Uji Kemampuan Jasmani dan Antropometri, Uji TPA dan TOEFL, Pemeriksaan Penampilan dan Sidang Kelulusan Tingkat Pusat. (lay)