Jayapura Operasikan Kapal Wisata di Teluk Humbold dan Youtefa

by -1 views
teluk yotef
teluk yotef

Pemerintah Kota Jayapura membeli kapal wisata seharga Rp 6 miliar untuk membawa wisatawan berkeliling Teluk Humbold dan Youtefa.

Benhur Tomi Mano, walikota Jayapura, mengatakan kapal berkapasitas 120 penumpang akan membawa wisatawan mengelilingi Teluk Humbold dan masuk ke Teluk Youtefa.

“Teluk Youtefa terletak di dalam Teluk Humbold. Warga sekitar menyebutnya teluk di dalam teluk,” kata Benhur Tomi Mano.

Teluk Humbold, masih menurut Benhur Tomi Mano, kaya keindahan mulai dari permukaan sampai kedalaman. Ada taman mangrove, hutan lindung dengan satwa-satwa eksotis di dalamnya.

Di bagian lain Teluk Humbold terdapat permukiman masyarakat Port Numbay, membentang mulai dari Kampung Kayu Batu, Kayu Pulau, Tobati, Enggros, Holte Kamp, Nafri, sampai Skouw.

Bernard Fingkrew, kepala Dinas Pariwisata Jayapura, mengatakan Teluk Humbold juga sangat berpotensi dikembangkan sebagai wisata budaya. Saat ini, lanjut Fingkrew, Dinas Pariwisata Jayapura sedang mempersiakan masyarakat dan kampung-kampung sekitar teluk sebagai lokasi persinggahan kapal wisata.

“Kapal akan dioperasikan oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan Jayapura,” kata Fingkrew.

Setelah kapal wisata beroperasi, Jayapura juga akan menggarap wisata kulier khas Papua. Akan ada festival kuliner di depan kantor walikota.

“Itu mimpi kami. Masih panjang,” kata Benhur. “Karena, kami harus mereklamasi perairan di depan kantor walikota.”(be)