Jelang Cheng Beng, Terminal Domestik Bandara H.AS Hanandjoedin Dipasang Thermal Scanner

by -
Jelang Cheng Beng, Terminal Domestik Bandara H.AS Hanandjoedin Dipasang Thermal Scanner

belitongekpsres.co.id, TANJUNGPANDAN – Terminal domestik Bandara Internasional H.AS Hanandjoedin Tanjungpandan, kini telah dipasang alat “thermal scanner” atau pendeteksi suhu tubuh, guna mencegah penyebaran virus COVID-19 di Pulau Belitung.

Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara H.AS Hanandjoedin, Nanang Novianto Saputro mengatakan, alat itu dipasang guna mendeteksi suhu tubuh arus penumpang jelang perayaan Sembahyang Kubur atau Cheng Beng.

“Berdasarkan hasil koordinasi kemarin selama menyambut Perayaan Cheng Beng atau Sembahyang Kubur maka alat tersebut digeser dari ruang kedatangan internasional ke kedatangan domestik,” katanya saat ditemui Belitong Ekspres Sabtu (14/03) akhir pekan lalu.

Menurut dia, Alat Thermal Scaner tersebut merupakan alat yang semula berada di kedatangan Internasional. Sedangkan untuk terminal kedatangan internasional pengawasan dan pengukuran suhu tubuh terhadap penumpang tetap dilakukan dengan menggunakan alat “thermal gun”.

“Kami siapkan sekitar 4 atau 5 alat “thermal gun” dan kami siapkan SDM yang megoperasikannya, sehingga ketika penumpang datang maka akan langsung dicek suhu tubuhnya,” ujar Nanang Novianto.

Hal tersebut karena penerbangan internasional sejumlah 4 kali dalam seminggu dan penumpangnya paling banyak sekitar 160 orang, paling sepi sekitar 80 orang. Oleh karenanya, sehingga kalau digunakan satu “Thermal Gun” bisa melayani 20 orang, kemudian pesawat sudah selesai dan berangkat lagi.

Namun kalau penerbangan domestik, dari pagi, siang hingga sore jadwalnya ada terus setiap pagi. Maka dari itu saran dari berbagai pihak agar alat itu dipindahkan ke terminal domestik. “Kalau yang sekarang, Thermal Scaner di kedatangan domestik petugasnya bisa melihat tinggal dilihat saja,” katanya.

Nanang menyebutkan, sejauh ini pergerakan penumpang jelang Perayaan Cheng Beng atau Sembahyang Kubur melalui pintu bandara tersebut masih normal. “Lonjakan penumpang memang belum terlihat karena hari puncak perayaannya masih jauh,” katanya.

Bahkan, kata dia saat ini belum ada pihak maskapai yang mengajukan jadwal penambahan penerbangan guna mengakomodir arus penumpang jelang perayaan Cheng Beng nanti. “Kalau diamati arus penumpang Cheng Beng tidak seramai dua tahun lalu dan hingga saat ini belum ada maskapai yang mengajukan “extra flight”,” katanya.

Ia mengatakan, pihak bandara selalu siap menghadapi lonjakan arus penumpang menjelang perayaan sembahyang kubur. “Dukungan bandara siap dan penerbangan seperti biasa para petugas kami juga siap dan siaga,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkal Pinang Wilayah Kerja Tanjung Pandan, Jauhari membenarkan adanya pemasangan Thermal Scaner di terminal kedatangan domestik. Sedangkan untuk kedatangan Internasional akan menggunakan Thermal Gun. ” Ya, ada 4 unit Thermal Gun untuk kedatangan internasional,” katanya saat dihubungi Belitong Ekspres. (dod)

Editor: Yudiansyah