Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Belitung Siap Laksanakan OLM 2017

by -

TANJUNGPANDAN – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, Polres Belitung siap menggelar Operasi Lilin Menumbing (OLM) 2017. Operasi ini diawali dengan apel gelar pasukan di Mapolres Belitung, Kamis (21/12) hari ini.

Kabag Ops Polres Belitung Kompol Jimmy Kurniawan mengatakan, pelaksanaan apel gelar pasukan tersebut akan dihadiri seluruh jajaran instansi di Belitung. OLM 2017 semula akan dimulai Sabtu (23/12) mendatang. Namun, kegiatan dimajukan pada Jumat (22/12) besok.

Menurutnya, ratusan personil dari berbagai instansi dan organisasi seperti Kodim 0414 Belitung, Lanud HAS Hanandjoeedi, Pol PP Kabupaten Belitung dilibatkan dalam operasi tersebut. Sedangkan untuk organisasi seperti Pramuka, Orari, serta Ormas juga ikut andil dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. Mereka akan ditempatkan di pos-pos yang disediakan.

Sejumlah pos disiapkan dalam pengamanan ini. Di antaranya di Pasar Tradisional Tanjungpandan, depan pusat pembelanjaan Barata. Sedangkan untuk Pos Pelayanan yakni di Bandara HAS Hanandjoeddin dan Pelabuhan Laskar Pelangi.

“Kita juga ada pos di tempat hiburan, yakni di Pantai Tanjungpendam. Mereka akan bertugas selama kurang lebih 14 hari, terhitung mulai besok (hari ini,red) hingga awal Januari 2018,” kata Kompol Jimmy kepada Belitong Ekspres, Rabu (20/12) kemarin.

Selain itu, pihak kepolisian menjelang Natal 2017, Senin (25/12) sudah mulai melakukan pengamanan di setiap Gereja-Gereja yang ada di Belitung. Sebab, beberpa hari menjelang Natal, sejumlah tempat ibadah umat Kristiani sudah mulai dikunjungi jemaat.

“Untuk pengamanan menjelang Natal sudah kita lakukan. Apalagi, H-7 menjelang Natal, Gereja-Gereja sudah mulai melakukan pembenahan di tempat ibadah itu, seperti mempersaipkan pohon Natal dan sebagainya,” ungkap Kompol Jimmy.

Kompol Jimmmy menambahkan pihak kepolisian dan instansi di Belitung, juga siap melancarkan arus mudik yang diprediksi akan melonjak pada liburan Natal dan Tahun Baru. Apalagi, kemungkinan kunjungan wisatawan bakal meningkat.

“Mengantisipasinya kita kerahkan sejumlah anggota dari masing-masing intansi untuk bertugas di lokasi. Misalnya bandara dan pelabuhan,” pungkas Mantan Kasatreskrim Polres Belitung ini. (kin)