Jelang Pilkada, Pindah Penduduk Normal

by -

*Tak ada Lonjakan Berarti

MANGGAR-Perpindahan penduduk dari luar daerah ke Kabupaten Belitung Timur (Beltim), menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ternyata tidak mengalami lonjakan berarti alias normal-normal saja. Pantauan harian ini, aktifitas masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Beltim terlihat normal.

Seorang staf di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menyebutkan, rutinitas pekerjaan di bagian penerimaan berkas tidak jauh beda dengan hari-hari biasa. “Paling kalau hari Senin, lumayan banyak yang datang. Biasanya masyarakat sengaja datang di awal pekan. Tapi kalau secara umum, normal sajalah,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dukcapil Beltim melalui Kepala Bidang Pendataan Penduduk, Suharman, SH mengatakan, pertambahan penduduk tidak terkait dengan akan berlangsungnya Pilkada Beltim. “Tanpa Pilkada pun ada kenaikan penduduk. Jadi normal seperti biasanya,” ujar Suharman kepada wartawan, Selasa (3/11) kemarin.

Ditambahkan, kebanyakan masyarakat yang datang adalah mengurus perpanjangan KTP, mencatatkan kelahiran, kematian dan pindah jiwa. “Kalau ada penduduk yang baru datang, maka harus juga pindah data dari daerah asalnya. Jadi tidak serta merta bisa langsung ber-KTP Beltim. Kalau sekarang paling sekitar 20 pengurusan Surat Pindah Masuk per hari,” tuntas Suharman.‎ (feb)