Jelang Puasa, KSOP Pastikan Kelancaran Bongkar Muat Sembako

by -
Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Tanjungpandan, Iswandi
Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Tanjungpandan, Iswandi

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjungpandan memastikan kelancaran bongkar muat sembako jelang bulan puasa. Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjungpandan, Tanjung RU dan Tanjung Batu.

‘Hingga kini bongkar muat masih aman terkendali,” kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Tanjungpandan, Iswandi kepada Belitong Ekspres, Senin (29/4) kemarin.

Namun, menurutnya yang menjadi hambatan utama sekarang ini yaitu berupa kondisi cuaca yang tidak menentu. “Hanya saja semua itu tergantung cuaca, makanya kita selalu berkoordinasi dengan BMKG setiap harinya terkait dengan cuaca,” jelasnya.

Lebih lanjut Iswandi mengungkapkan bahwa biasanya menjelang puasa hingga lebaran terjadi peningkatan bongkar muat untuk sembako. Namun untuk prosentasenya bisa dilihat di bulan Mei mendatang.

“Tetap ada peningkatan, frekuensinya berapa persen untuk sembako, karena tetap ada lonjakan di kebutuhan,” terang Iswandi.

Selain itu Iswandi mengatakan, saat ini jumlah kapal yang membawa sembako sekitar lima kapal setiap minggunya bongkar muat di Tanjungpandan dan sekitarnya.

“Kalau untuk kapal sendiri, itu seminggu bisa melayani 5 kapal dari Jakarta dan Palembang dengan 4 operator yang melayani yang rutin melayani kebutuhan pokok,” tandasnya. (dod)