Jembatan Baturusa II Rampung Akhir 2015

by -

PANGKALPINANG – Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bangka Belitung (Babel) Agus Afandi mengatakan pembangunan Jembatan Baturusa II ditargetkan rampung pada akhir 2015.
“Jika dalam pembangunannya hingga akhir 2015 kami tidak mengalami kendalan nonteknis, maka bisa kami pastikan pembangunan jembatan ini selesai tepat waktu,” ujarnya, Senin (21/9).
Ia mengatakan, progres pembangunan Jembatan Baturusa II tersebut ditargetkan selesai pada akhir 2015 secara keseluruhan. Dimana untuk saat ini difokuskan pada penyelesaian di sebelah utara dan sebelah selatan jembatan.
“Untuk pemasangan Bascule sendiri sudah diselesaikan pada tahun lalu, sehingga untuk saat ini adalah melakukan pemeliharaan terhadap Bascule tersebut. Pemeliharaan terhadap Bascule tetap dilakukan karena menggunakan teknologi tinggi,” jelasnya.
Ia mengungkapkan, pembangunan Jembatan Baturusa II itu memakan biaya hampir mencapai Rp450 miliar yang menggunakan APBD murni, sehingga dalam penganggarannya dilakukan secara bertahap.
“Total anggaran dari 2010 hingga sekarang hampir mencapai 450 miliar. Anggaran itu dikeluarkan secara bertahap mulai dari multiyears 2010-2012, single 2013 dan dianggarkan pada 2014 dan terkahir anggaran 2015,” terangnya.
Dikatakannya, dalam penyelesaian jembatan nantinya diharapkan tidak ada masalah sama sekali. Karena selama ini yang menjadi masalah pembangunannya adalah masalah non teknis seperti masalah alur pelayaran.
“Yang menjadi masalahnya adalah non teknisnya, kalau masalah teknis masih bisa diselesaikan. Untuk masalah non teknis yang sering terjadi adalah masalah alur pelayarannya. Jika alur pelayaran terganggu bahkan tertutup maka akan berpengaruh terhadap distribusi barang, sehinga mau tidak mau pembanguan jembatan ditunda,” bebernya. (ant/rb)