Jika Ingin Sukses, Harus Kerja Keras

by -

*Sanem Teringat Dua Pepatah dari Alamrhum Ayahanda

MENGKUBANG-Sosok ayah begitu menginspirasi bagi Bupati Belitung Sahani Saleh. Rabu (5/8) kemarin sekitar pukul 17.00 WIB, ayahandanya Saleh bin Amit meninggal diusia 81 tahun. Dua pepatah dari ayah masih diingat. Yaitu senang ditulang susah didulang, susah didulang senang ditulang. Arti pepatah itu kata Sanem jika ingin sukses harusnya bekerja keras.
“Jadi kalau kita ingin senang kita harus kerja keras. Itu lah yang sering tengiang sehari-hari sampai sekarang,” ujar Bupati yang akrab disapa Sanem itu.

“Janganlah kau kalah ilmu menang adat, kalah adat menang tabiat, tapi kau harus sebaliknya,” sambung Sanem menyebut pepatah yang sering dia ingat.
Ia terkesan dengan sosok ayah. Ayahnya selalu memberikan pelajaran dengan perbuatan. Misal ketika masih kecil. Ia banyak diajarkan makna hidup dan belajar bertani. “Kita hidup dari pertanian. Kapan pulang sekolah langsung diarahkan ke kebun, diajari bertani,” kenangnya.
Ayahanda Sanem dimakamkan di Mengkubang berdampingan dengan makam istrinya Asni binti Yusup. Sebelumnya Rabu (5/8), Sanem seharusnya berangkat ke Jakarta bertemu Menteri Pertahanan RI. Padahal pertemuan ini penting, tidak semua Bupati diundang. Sayangnya sore itu ia ketinggalan pesawat.
“Kami ketinggalan pesawat, mulanya mau ada acara di Kementerian Pertahanan. Jadi diganti pagi ini (kemarin_ harusnya. Karena ada kabar ini (meninggal dunia) jadi dibatalkan. Rupanya ada hikmahnya ketinggalan pesawat,” kata ajudan Sanem, Ismail.
Menurutnya, Sanem barusan pulang dari bandara ketika mendapat kabar ayahnya meninggal. Sanem aktivitas seperti biasa, duduk di depan televisi. “Bupati ketika mendapat kabar sedang santai di rumah. Baru pulang dari bandara,” ujarnya.(ade)