JSA Belum Layak di Pangkalpinang

by -

//Dishub Tetap Tunggu Intruksi Walikota

PANGKALPINANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pangkalpinang mengungkapkan bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan jika Ibukota Bangka Belitung (Babel) belum perlu menerapkan Jalan Satu Arah (JSA). Itu sesuai dengan hasil pertemuan pihaknya saat berkunjung ke pusat beberapa waktu lalu.
“Soal JSA, kemarin saya sudah konsultasi ke pusat. Kita minta pendapat dari kementrian seperti apa nantinya,” ujar Kepala Dishub Pangkalpinang, Anggo Rudi kepada wartawan (11/3) kemarin.
Dilanjutkan Anggo, pihaknya sempat berkunjung dan meminta pendapat kepada pihak kementerian terkait JSA. Atas hal tersebut, diakuinya pusat sempat datang langsung ke Pangkalpinang untuk melakukan survei terhadap kondisi riil arus lalu lintas di Pangkalpinang.
Dari pertemuan tersebut pihaknya menerima pendapat kementerian dan pusat menyetujui JSA. Namun dijelaskan Anggo Rudi, mereka beranggapan penerapan JSA harus sesuai dengan tingkat kemacetan di wilayah itu sendiri. Untuk Pangkalpinang sendiri saat ini dinilai belum mencapai tahap kemacetan.
“Hasil pertemuan kemarin kementrian sangat mendukung, tetapi tergantung tingkat kemacetan. Sementara di Pangkalpinang sendiri belum begitu hanya saat-saat jam padat seperti sore hari, jam pulang kerja mulai kepadatan terasa,” terangnya.
Atas alasan itu kemungkinan Pemerintah Kota belum menerapkan JSA pada saat ini. “Secara perizinan, tentu saja harus ada izin dari Kementrian. Tetapi pusat menyetujui dan kita kesana ingin meminta pendapat mereka, tetapi tetap saja realisasinya tergantung pimpinan daerah,” imbuhnya.
Namun demikian menurut Anggo mereka akan tetap menyampaikan hasil pertemuan dengan kementerian kepada walikota, Muhammad Irwansyah. Sebab, pada akhirnya dalam penerapan JSA yang pernah diterapkan pada masa mantan walikota, Zulkarnain Karim tetap berdasarkan intruksi dari pimpinan.
“Kami masih menunggu intruksi dari walikota, itukan kewenangannya. Kami hanya memberikan masukan ke walikota hasil dikusi di pusat, yang jelasnya Dishub siap menjalankannya sesuai dengan aturan yang berlaku,” tandasnya. (cr61)