Jual Minol di Bulan Ramadan, Warkop Mirang Kena SP1 dari Satpol PP Beltim

by -
Jual Minol di Bulan Ramadan, Warkop Mirang Kena SP1 dari Satpol PP Beltim
Petugas Satpol PP Kabupaten Beltim mendata warkop yang kedapatan menjual minol selama bulan Ramadan. (Ist)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Petugas Satpol PP Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menemukan sekaligus mengamankan minuman beralkohol yang dijual di warung kopi di kawasan Mirang, Ahad (4/18) malam. Penertiban petugas Satpol PP merupakan tindak lanjut Instruksi Bupati Beltim selama bulan Ramadan.

“Pada giat malam ini ditemukan minuman beralkohol jenis Bir Anker Stout di warkop milik saudari Herni yang berlokasi di Mirang. Warkop tersebut tidak mematuhi surat edaran Instruksi Bupati Beltim dalam rangka menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan. Pemilik warkop menjual minuman kepada pengunjung,” ungkap Kasatpol PP Kabupaten Beltim, Zikril, Senin (19/4).

Selain mengamankan minuman beralkohol, petugas Satpol PP Beltim juga mengingatkan salah satu kafe yang menghadirkan live music melebihi batas waktu.

“Personil yang bertugas juga menghimbau kepada pemilik cafe dan warkop yang lain untuk tidak menjual minuman beralkohol kepada pengunjung dan juga untuk mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya

Zikril memastikan, terhadap pelanggaran Instruksi Bupati selama Ramadan dapat dikenakan sanksi. “Untuk dua pelanggaran yang kita temukan pada saat penertiban sudah ditindaklanjuti dengan SP1 (surat peringatan) kepada pemilik warkop dan kafe tersebut. SP tersebut juga kita tembuskan ke pak Bupati,” ujarnya.

Disinggung soal kemungkinan menerapkan Perda Minol dengan sanksi pidana ringan, ia menyatakan bisa saja dilakukan. Namun ia melihat hal tersebut sebagai opsi jika pelaku usaha benar-benar tidak mengindahkan aturan.

“Petugas kami akan tetap rutin melakukan patroli dan penertiban terutama untuk tetap memastikan instruksi Bupati dijalankan,” tegas Kasatpol PP Beltim, Zikril. (msi)