Jumlah UMKM Babel 289.310

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALPINANG – Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung (Babel) mencatat jumlah usaha mikro kecil menengah yang ada di Babel hingga saat ini terdapat 289.310 unit. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2013 lalu yang hanya 286.799 unit.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Babel, Hasanuddin mengatakan, dari jumlah itu UKM yang paling banyak ada di Kabupaten Bangka Induk yang tercatat 51.456 dan kabupaten Belitung ada 46.884 unit. “Pelaku UKM kita lebih cenderung di olahan makanan jadi dan penyerapan tenaga kerjanya juga lebih dari 10 ribu orang, terus meningkat di setiap tahun,” ujar Hasanuddin, Jumat (16/1) kemarin.
Sebagai bentuk kepedulian Diskop dan UKM Babel, menurut Hasanuddin, pihaknya akan terus berupaya membuat UKM Babel agar produk yang dihasilkan oleh para UKM juga bisa dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan mancanegara. “Kita terus berupaya membuat UKM kita eksis dan hasil produk mereka tetap berkualitas untuk bisa bersaing global, karena itu kia terus melakukan pembinaan dan pelatihan untuk pelaku UKM ini,” terang Hasan.
Untuk membantu permodalan bagi para pelaku UMKM, ia menyarankan para UKM agar memperkuat modalnya melalui dana KUR, CSR atau lembaga pengelolaan dana bergulir. “Kita tidak bisa memberi modal untuk UKM, karena itu kita sarankan mereka untuk memperkuat modalnya melalui dana KUR dari perbankan atau dari lembaga pengelolaan dana bergulir,” himbaunya.
Dengan upaya tersebut, ia yakin semua UKM yang ada di Babel dapat terus meningkatkan hasil produknya, yang pastinya lebih berkualitas. “Volume usaha UKM juga harus meningkat dan mereka juga harus memberi pelayanan terbaik ke calon konsumennya,” tandasnya. (eza)

Baca Juga:  Sambut Ramadan, Molen Pawai Ta'ruf Bareng Warga

Rate this article!
Jumlah UMKM Babel 289.310,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: