Juni, Air Asia Buka 3 Rute Baru ke Belitung

by -
Direktur Pemasaran PT Indonesia Air Asia, Rifai Taberi (Kedua dari kanan) ketika memberikan miniatur pesawat terbang Air Asia kepada Bupati Belitung, Sahani Saleh, Selasa (19/02) kemarin.

*2 Penerbangan Domestik dan 1 Internasional

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kabar gembira bagi masyarakat Pulau Belitung. Maskapai Air Asia berencana akan membuka dua rute penerbangan domestik dari dan ke Bandara H.AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung. Termasuk, satu rute penerbangan internasional.

Direktur Pemasaran PT Indonesia Air Asia, Rifai Taberi mengatakan, rencana penerbangan internasional rute Kuala Lumpur-Belitung, dalam waktu dekat akan segera direalisasikan. Targetnya, pada pada bulan Juni 2019 mendatang.

“Sekarang ini kita masih dalam proses finalisasi dari segi rotasi, juga slot dan segalanya,” kata Rifai dalam sambutannya saat pertemuan silaturahmi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, Selasa (19/02) kemarin.

Pertemuan yang dilakukan di ruang rapat Bupati Belitung dengan pihak managemen Air Asia tak lain untuk membahas rencana rute baru penerbangan tersebut. Bupati dan Wakil Bupati Belitung mendengarkan langsung paparan dari pihak Air Asia.

Selain berencana melakukan penerbangan internasional ke Belitung, pihak Air Asia Indonesia juga akan menambahkan rute penerbangan domestik Jakarta-Belitung dan Surabaya-Belitung, atau sebaliknya.

“Kami punya wacana untuk menambah conektifitas domestiknya. Jakarta-Belitung rencana frekuesinya setiap hari, lalu Surabaya-Belitung dengan frekuesi seminggu 4 kali. Untuk rute Internasional Kuala Lumpur-Belitung seminggu 3 kali,” terang Rifai.

Lebih lanjut dia memaparkan, rencana rute penerbangan domestik dan internasional dari dan ke Belitung tersebut akan dilaksanakan pada bulan Juni secara bersamaan. “Rencananya di bulan Juni ini, langsung semuanya akan kita laksanakan tiga penerbangan sekaligus,” imbuhnya.

Untuk jumlah armadanya sendiri dikatakan Rifai masih hanya menggunakan satu pesawat. Pesawat jenis Air Bus ini akan beroperasi dari Belitung-Jakarta, Belitung-Surabaya, Belitung-Kuala Lumpur (Malaysia) dan sebaliknya.

“Nanti final jadwalnya kita akan koordinasikan juga, karena teknis, bicara dengan bandara, bicara dengan Air Nav dan semuanya. Begitu sudah final nanti kita umumkan,” ujarnya.

Sementara, untuk pengajuan surat penerbangan pesawat sendiri sendiri ia mengatakan sudah dikoordinasikan, hanya saja masih menunggu finalnya. “Type pesawatnya Air Bus 320, kapasitasnya 180 seat, semua ekonomi,” tukasnya.

Rifai menambahkan niat Air Asia melakukan rute penerbangan ini karena adanya komitmen dari pemerintah untuk terus menggalakan pariwisata. Ditambah lagi pihaknya tidak menampik dari perkembangan pesat pariwisata otomatis membawa akan wisatawan ke Belitung.

“Yang paling penting bagi kami itu adalah komitmen. Kita melihat potensi pariwisata itu tidak akan cukup tanpa melihat komitmen dari semua pelaku industri, termasuk juga pemerintah. Inilah asal muasal Air Asia memberikan penerbangan yang murah,” katanya.

Dirinya juga mengakui perkembangan wisata di Belitung sudah sangat pesat. Wisatawan domestik rata-rata sudah mengenal Belitung. Hal ini juga yang mendorong Air Asia untuk membantu Belitung agar dapat membuka diri ke dunia internasional.

Dari isu nasional yang sangat marak tentang bagasi pesawat yang berbayar, dirinya juga mengatakan untuk jumlah 15 kilogram masih dibebaskan. Hanya saja penerbangan internasional memang selalu berbayar. Sampai saat ini pun belum ada rencana Air Asia untuk menghilangkan bagasi free itu untuk penerbangan domestik.

Untuk realisasinya tiga rute penerbangan ia kembali mengatakan akan beroperasi pada Juni mendatang. Ini sebagaimana harapan Bupati dan wakil Bupati Belitung, yang meminta penerbangannya dipercepat pada bulan Ramadhan.

Dalam hal ini bakal diusahakan, mengingat pesawat yang akan digunakan nantinya adalah pesawat baru. “Tentunya jika perkembangannya bagus tidak menutup kemungkinan (menambah rute lain). Bahkan bukan cuma domestik, internasional kenapa enggak. Kalau ada potensinya kenapa enggak kita buka rute-rute tambahan,” ujarnya.

Dikatakan rencana itu akan dilakukan karena dirinya melihat perkembangan pariwisata Belitung bakal melaju pesat nantinya. “Saya melihat masyarakat Belitung untuk pariwisata itu luar biasa. Kalau hal ini tetap dijaga pastinya akan ada perkembangan,” tandas Rifai.

Sementara itu, Bupati Belitung, Sahani Saleh sangat menyambuk baik dan akan betul-betul mendukung penuh masuknya rute penerbangan Air Asia ke Belitung. Bahkan ia mengatakan sebelumnya memang sudah mengharapkan adanya penerbangan-penerbangan lain menuju Belitung.

“Semoga dengan adanya Air Asia ini bisa sebagai obat bagi masyarakat Belitung. Dan mudah-mudahan segera yang agak sakit ini, masuknya Air Asia ini akan jadi obat persoalan terkait pariwisata ini,” harapnya.

Bupati Belitung yang karib disapa Sanem juga berharap Air Asia bisa mempercepat rute penerbangan ke Belitung ini. Agar menjadi solusi pada saat bulan Ramadhan atau mendekati hari Raya Idul Fitri, yang biasanya harga tiket pesawat menjadi tinggi.

“Sebenarnya ini kewajiban pemerintah, karena ini hak asasi manusia, yang persoalan hari Raya Idul Fitri itu kan. Kalau kita tidak mengakomodir artinya, ini berkaitan dengan hak asasi manusia loh,” pungkasnya. (dod)