Kabel “Hantu” Curian Dititipkan di Polres

by -

*TNI-Polri Masih Rundingkan, Dugaan Milik Karsono

foto a- kabel optik curian..

Foot : ainul yakin/be

Kabel Optik yang sudah dalam keadaan terpotong-potong sedang diturunkan dari truk untuk disimpan di Mapolres Belitung.

TANJUNGPANDAN- Belasan ton kabel optik bawa laut yang diamankan jajaran Kodim 0414 Belitung, Minggu (9/11) lalu di Pulau Sumedang Membalong, akhirnya tiba di Polres Belitung. Empat truk besar yang berisikan kabel dengan nilai bisa juta rupiah ini, telah sampai di Mapolres Belitung, Senin (10/11), siang kemarin. Baik Polisi maupun TNI kini masih merundingkan soal kasus kabel curian yang diduga milik salah satu WNI bernama Karsono asal Lampung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres menyebutkan, kabel-kabel tersebut diangkut anggota TNI AD yang bertugas di kawasan ini dengan perahu. Setiba di Pelabuhan Nusantara, kabel-kabel ini langsung diangkut dan dibawa ke Polres Belitung.

Pantauan Belitong Ekspres di lokasi terlihat beberapa anggota instansi seperti Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tanjungpandan Ahmad Amir Arif, Anggota Badan Intelejen Negara (BIN), Pasi Intel Kodim 0414 Belitung Kapten KAV Jhon Kenedy dan Kasatreskrim Polres Belitung AKP Chandra Mata Rohansyah.

Para anggota berbagai instansi ini merundingkan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya usai penemuan ini. Namun, belum ada titik temu untuk menyelesaikan permasalahan ini. Seluruh instansi sepakat, kabel-kabel tersebut untuk sementara dititipkan di Polres Belitung.

Dandim 0414 Belitung Letkol Arh Marthen Verny Rorintulus mengatakan, hari ini (kemarin,red) kabel-kabel tersebut sudah sampai di Tanjungpandan. Setelah itu, barang tersebut langsung dititipkan ke Polres Belitung.

“Sementara, barang bukti kita titipkan ke Polres Belitung. Untuk masalah pasal yang akan dikenakan, nanti kami berserta instansi terkait akan membahas bersama-sama,” ujar Dandim 0414 kepada Belitong Ekspres, kemarin.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, barang bukti yang diamankan Kodim 0414 Belitung sudah tiba di Polres. Kabel-kabel ini, untuk sementara dititipkan ke Polres Belitung.

Kapolres Belitung menjelaskan, saat ini pihak kepolisian masih belum bisa menetapkan tersangka bagi pemilik kabel tersebut (Karsono,red). Sebab, saat ini pihak kepolisian maupun jajaran Kodim 0414 Belitung masih melakukan perundingan soal barang titipan ini.

“Kami sudah bedah beberapa pasal yang sesuai termasuk Undang-undang tentang Navigasi. Sementara kita masih merundingkan masalah ini bersama,” ujar Kapolres kepada wartawan Senin (10/11) kemarin.

Terpisah, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tanjungpandan Ahmad Amir Arif mengatakan, saat ini dirinya enggan berkomentar banyak mengenai penangkapan kabel-kabel ini. “Kita lihat perkembangan. Saya inginkan, pihak-pihak yang bersangkutan mengatur strategi ini dengan cantik,” katanya.

Seperti diberitakan kemarin, sebanyak kurang lebih 15 ton kabel bawah laut diamankan jajaran Kodim 0414 Belitung. Kabel-kabel tersebut diamankan di Perairan Pulau Sumedang Membalong, Minggu (8/11) lalu.

Dandim 0414 Belitung Letkol Arh Marthen Verny Rorintulus membenarkan adanya informasi tersebut. Menurutnya, penangkapan ini dilakukan lantaran adanya laporan dari masyarakat dan mendapat instruksi langsung dari komando atas (Korem).

“Kami mendapati laporan dan perintah dari komando atas. Untuk penegakan hukum kita hanya bisa mengamankan apa yang disinyalir melanggar hukum. Kita kirimkan anggota kita, pas disana cuma ada dua orang pekerja. Sejauh ini untuk penanganannya kita serahkan ke kepolisian,” kata Dandim kepada Wartawan, Senin (9/11). (kin)