Kabupaten Belitung Raih Penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra” 2020

by -
Kabupaten Belitung Raih Penghargaan Green Leadership "Nirwasita Tantra" 2020
Foto Istimewa

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kabupaten Belitung meraih penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra” Tahun 2020. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya secara virtual, pada Selasa (15/06) bertempat di ruang Rapat Sekda Kabupaten Belitung.

Disaksikan oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie beserta jajaran, Kabupaten Belitung menyabet peringkat 3 untuk kategori Pemerintah Daerah Kabupaten Kecil. Sementara, peringkat 1 untuk kategori yang sama diraih oleh Kabupaten Sleman dan peringkat 2 diperoleh Kabupaten Bangka Tengah.

Selain itu, DPRD Kabupaten Belitung juga meraih peringkat 2 pada Penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra Tahun 2020” untuk kategori DPRD Kabupaten Kecil. Sedangkan Peringkat 1 kategori yang sama diraih oleh DPRD Kabupaten Bangka Tengah dan Peringkat 3 diraih oleh DPRD Kabupaten Sleman.

Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bambang Hendroyono, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan hari lingkungan hidup sedunia dan penghargaan bagi Pemerintah Daerah.

“Kegiatan ini merupakan penghargaan bagi pemerintahan daerah (Eksekutif dan Legislatif). Dalam hal ini kepada Kepala Daerah di tingkat Provinsi, kabupaten/kota atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan, respon kebijakan dalam menjawab persoalan lingkungan hidup, serta inovasi dan kepemimpinan kepala daerah dalam merespon persoalan lingkungan hidup,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, penghargaan Green Leadership juga diberikan kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang punya komitmen dalam menjaga lingkungan hidup.

“Adapun dasar penilaian penghargaan ini, yakni dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) yang disusun setiap tahun oleh Pemerintah Daerah,” terangnya.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya dalam sambutannya menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pemenang Penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra Tahun 2020”.

“Selamat atas kinerja yang baik dalam pengelolaan lingkungan hidup dan diharapkan daerah yang mendapatkan penghargaan ini nantinya semakin banyak. Untuk itu terus meningkatkan kinerja dan komitmen bersama antara Eksekutif, Legislatif dan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan hidup yang nyaman dan berkelanjutan,” katanya. (rel)