Kacha Divonis 10 Tahun Penjara

by -
Ilustrasi

*Terbukti Menyimpan dan Memiliki Narkoba Jenis Sabu-Sabu

TANJUNGPANDAN-Maswari alias Kacha terdakwa kasus penyalagunaan narkoba di Belitung, divonis 10 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpandan. Sidang yang mengagendakan putusan ini terdakwa penyalagunaan narkoba jenis sabu-sabu ini digelar di Ruang Sidang PN Tanjungpandan, Kamis (19/1) kemarin.

Sidang yang digelar terbuka untuk umum ini dipimpin Hakim Tunggal Saeful Imam, dan dihadiri Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Belitung Iwan Nuzuardi. Majelis Hakim menvonis Maswari 10 tahun lantaran sudah memenuhi unsur.

Kacha dinyatakan bersalah melanggar Pasal 112 Ayat 2 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Terdakwa diamankan lantaran terbukti membawa, menyimpan dan memiliki narkoba golongan I bukan jenis tanaman.

Hal tersebut, juga diperkuat keterangan saksi-saksi dan barang bukti. Hal-hal yang memberatkan, Kacha melanggar program pemerintah tentang Indonesia bebas narkoba. “Hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan saat persidangan,” kata Saeful.

“Untuk barang bukti berupa 28 narkoba jenis sabu serta handpone milik Kacha dirampas untuk dimusnahkan,” pungkasnya.

Putusan 10 tahun lebih ringan dibanding tuntutan JPU yang menuntut Kacha divonis 13 tahun penjara. Atas putusan majelis hakim, pihak kejaksaan memilih pikir-pikir dalam waktu tujuh hari, sebelum menentukan sikap.

Senada diungkapkan Maswari alias Kacha, dirinya juga menyatakan pikir-pikir atas putusan dari majelis hakim. Sebab, putusan 10 tahun menurutnya dinilai berat. “Hukuman 10 tahun sangat berat. Apalagi, untuk kasus narkoba tidak ada remisi,” ungkap Kacha.

(kin)