Kades Himbau Cepat Bayar Zakat Fitrah

TANJUNGPANDAN – Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Oleh sebab itu sejumlah Kepala desa (Kades) dan Camat menghimbau masyarakat agar menjalankan kewajibannya membayar zakat fitrah guna mensucikan diri dan membantu sesama.

Kades Aik Rayak Amrullah mengatakan, manfaat membayar zakat sangat luas. Salah satunya, untuk membantu para pakir miskin dalam merayakan hari kemenangan (Idul fitri-red) setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan lamanya.

iklan swissbell

“Jadi pada hari raya idul fitri nanti tidak ada lagi orang yang kelaparan atau tidak makan,” ujar Amrullah kepada Belitong Ekspres, Selasa (20/6).

Kata Amrullah, berdasarkan surat edaran bupati bagi umat muslim yang mampu diharuskan untuk membayar zakat fitrah berupa beras yang layak sebanyak 2,5 kilogram atau membayar uang sebesar Rp30 ribu rupiah.

“Alhamdulillah tingkat kesadaran masyarakat Desa Air Raya sangat tinggi untuk membayar zakat pada tempat yang sudah disediakan seperti di masjid ataupun surau Desa Aik Rayak,” katanya.

Baca Juga:  Pemdes Dukong Gelar Pembinaan Lembaga Desa

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran baik zakal mal ataupun zakat fitrah lebih awal. Sehingga, bisa disalurkan oleh panitia kepada orang yang berhak menerimanya lebih cepat.

“Kalau tidak salah batas pembayaran zakat fitrah sebelum melaksanakan sholat Id alias sholat idul fitri. Oleh sebab itu pembayaran zakat fitrah lebih baik dibayarkan lebih cepat,” ajaknya.

Senada disampaikan Kades Aik Merbau Katto, membayar zakat fitrah merupakan sesuatu kewajiban bagi umat islam yang mampu. Dimana, pembayaran tersebut dikeluarkan atau dibayarkan pada setiap bulan suci ramadan sebelum melaksanakan hari raya kemenangan.

“Membayar zakat fitrah hukumnya wajib dalam siar agama Islam bagi yang mampu dan membayar zakat fitrah tersebut harus dilakukan per jiwa atau per orang,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemdes Dukong Gelar Pelatihan Pemasangan Instalasi Listrik

Kata katto, setiap tahunnya sudah terbentuk badan amil zakat baik itu di masjid ataupun surau -surau yang berada di setiap desa maupun kabupaten. Sehingga, untuk membayar zakat bisa dilaksanakan di tempat yang sudah disediakan oleh badan amil zakat tersebut.

Ditambahkan Katto, dengan membayar zakat berarti kita sudah membatu sesama terutama bagi orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, akan terjalin rasa kepedulian dan kebersamaan baik itu orang yang kaya dan orang miskin sehingga akan timbul rasa toleransi dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat.

“Jadi saya mengimbau terutama kepada warga Desa Air Merbau dan masyarakat Belitung pada umumnya mohon kesadarannya dan perhatiannya untuk menunaikan kewajibanya membayar zakat. Sehingga kelurga kita yang kurang mampu juga bisa merasakan kebahagian di hari yang fitri ini,” ajaknya. (rez)

Rate this article!
Tags:
author

Author: