Kades Perawas Ingatkan Warga Agar Hentikan Tambang Ilegal

by -
Kades Perawas Ingatkan Warga Agar Hentikan Tambang Ilegal
Kades Perawas Yahya saat memberikan himbauan kepada para penambang.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kepala Desa (Kades) Perawas Yahya bersama Babinsa dan Babinkamtibmas memberikan himbauan kepada warga agar tidak melakukan aktifitas tambang Ilegal di kawasan Dusun Kelekak Usang.

“Posisinya kita hanya sebatas memberikan pembinaan minta agar tidak ada lagi aktivitas TI Ilegal di sana. Intinya jika mereka masih beraktifitas dan terjadi sesuatu hal yang berkaitan dengan hukum kedepannya maka kita tidak bertanggung jawab lagi,” tegasnya kepada Belitong Ekspres, Sabtu (22/5).

Dijelaskan Yahya, dalam kegiatan peninjauan di lokasi diperkirakan ada sebanyak 30 mesin tambang timah jenis suntik dan beberapa para penambang yang diamankan.

“Memang ada beberapa warga kita yang juga menambang di lokasi tersebut. Kita sudah mengingatkan dan menghimbau mereka agar tidak ada lagi TI Ilegal operasi di tempat tersebut,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, lokasi tambang Ilegal itu berada di Dasar Aliran Sungai (DAS) di Dusun Kelekak Usang dan berada tidak jauh dari fasilitas umum. Yaitu Sekolah Dasar (SD) 48 dan Taman Pendidikan Al’quran (TPA).

Oleh karenanya, Yahya berharap agar warga tidak lagi menambang di lokasi tersebut. Apapun dalilnya yang namanya tambang Ilegal tetap salah meski di satu sisi lainnya alibi dari masyarakat tetap masalah perut.

“Harapan kami sebagai pemerintahan paling bawah, kalau bisa tidak beraktifitas lagi lokasi tersebut. Karena Perda kita sudah mengatur tentang hal tersebut jadi saya harap masyarakat berbesar hati jangan sampai nanti berbenturan dengan hukum,” pungkasnya. (rez)