Kadishut Provinsi Babel dan BPDASHHL Kunjungi HKM Belantu Jaye Tanjung Rusa

by -
Kadishut Provinsi Babel dan BPDASHHL Kunjungi HKM Belantu Jaye Tanjung Rusa
Kadishut Prov. Kep. babel, Marwan (Kiri, berdiri 2 dari kiri) saat berfoto bersama dengan Anggota HKM Belantu Jaye Tanjung Rusa, Rabu (18/12/2019).

belitongekspres.co.id, MEMBALONG – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Marwan, mengunjungi lokasi Rehabilitasi hutan dan lahan (RHL), serta Hutan Kemasyarakatan (HKM) Belatu Jaye Di Desa Tanjung Rusa kecamatan Membalong Kabupaten Belitung, Rabu (18/12/2019).

Tujuan kunjungan tersebut untuk melihat kelompok HKM Belantu Jaye dalam merealisasikan bantuan tanaman buah yang diberikan kepada kelompok tersebut beberapa waktu yang lalu.

Dalam kunjungan ini, Marwan sempat bertanya, apa resep memelihara kekompakan kelompok. Karena, menurut Marwan, walaupun kurangnya pendampingan, namun ia melihat kelompok tetap solid dan apresiatif dalam melaksanakan pembibitan dan penanaman benih tanaman buah yang diberikan.

Kadishut Provinsi Babel dan BPDASHHL Kunjungi HKM Belantu Jaye Tanjung Rusa
Semangat HKM Belantu Jaye Tanjung Rusa tercermin dari bangunan rumah yang hanya bernilai Rp.5 Juta, namun dibangun dengan semangat gotong-royong.

Ditambah lagi, Marwan melihat kekompakan ini nampak terlihat dari rumah yang dibangun dengan hanya bermodalkan Rp.5 juta. Meski demikian, bangunan tersebut tetap terlaksana dengan modal seadanya.

Ketua Kelompok HKM Belantu Jaye Tanjung Rusa, Zaini, SP, tidak melewatkan kesempatan emas atas kunjungan ini. Mereka menyampaikan potensi-potensi HKM Belantu Jaye yang telah mereka rancang berupa site plan.

“Potensi di sini banyak sekali, selain apa yang ada di hutan seperti madu, ada pula hal lain. Misalnya kepiting, udang, kerang, dan keong (kuyong peres & Berongan), yang perlu dikembangkan dalam konsep budidaya. Bahkan, ragam seafood ini sempat dihidangkan untuk kadishut dan kepala BPDASHHL pada kunjungan tersebut,” ungkap Zaini dalam rilisnya kepada belitongekspres.co.id.

Menurut Zaini, HKM merupakan suatu potensi khas yang harus dilestarikan atau dibudidayakan. Karena bisa memberikan efek atau peningkatan ekonomi yang berkelanjutan untuk masyarakat Desa Tanjung Rusa pada umumnya dan kelompok HKM Belantu Jaye.