Kajari Toboali Larang Wartawan Liput Audiensi Alkes Basel

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TOBOALI-Ruang gerak wartawan untuk meliput kegiatan di Kejari Toboali mulai dibatasi. Wartawan dilarang meliput audensi Persatuan Pemuda Bangka Selatan (PPBS) dengan Kajari Toboali, Pramono Mulyo,Rabu(8/4)siang. Kejadian itu terjadi saat awak media hendak melakukan peliputan kegiatan audensi diruang Kajari Toboali terkait kedatangan PPBS mempertanyakan kasus alkes Basel.

Awak media yang sebelumnya sudah meminta izin kepada Kasi Intel Kajari, Eriyanto. Dan setelah Erinato menyampaikan ada awak media yang mau masuk meliput audensi hal tersebut ke Kajari Toboali langsung ditolak dan disampaikan kembali Erinaynto kepada awak media yang menunggu diruang tunggu. “ Pak Kajari minta masuk 3 orang dulu (PBBS), nanti setelah itu baru masuk (Wartawan),”kata Kasi Intel Kejari,Erinyanto kepada Radar Bangka.

Baca Juga:  Elfandi Pantau Atlet Atletik Jarak Jauh di Pengalengan Bandung

Menyikapi hal itu dan merasa ada sesuatu yang coba disembunyikan Kajari Toboali, awak media akhirnya memilih bergeser meninggalkan kantor Kejari Toboali. Salah satu wartawan media lokal di Babel, Dedi Irawan menganggap cara yang yang dilakukan Kajari Toboali itu sebagai bagian dari upaya menjauhkan media dari keterbukaan publik.

” Nah kami dilarang masuk ikut audensi masalah alkes di Basel ini ada apa ? Padahal kan tahu dan mengerti perundang undangan kebebasan pers,”kata Dedi. Olehnya itu ia berharap Kajari Toboali tidak menghalangi tugas jurnalistik demi kepentingan masyarakat Basel dalam mendapatkan informasi yang transparan.

Terpisah. Ketua Laskar Pemuda Basel, Adi Abing mengatakan kasus dugaan korupsi Alkes di Basel sangat meresahkan. Hal ini disebabkan tidak hadirnya orang nomor satu di Basel  dipersidangan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Selasa(8/4) yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bangka Belitung (Babel) pada Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang, sebagai saksi dalam kasus pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Basel.

Baca Juga:  Perampok Asal OKI Terkapar Dihajar Pelor

“ Kedatangan kami ke Kejari Toboali untuk mempertanyakan kesaksian Jamro sebagai saksi dalam kasus alkes yang tidak hadir, itu bagaimana nantinya dalam kelanjutanya ? Apa hari Selasa depan dipastikan bisa hadir atau tidak ? Dan percakapan dengan Pak Kajari tadi, menurutnya sudah memanggil tim JPU  atas kesaksian Jamro nanti dan mengarah ke beberapa pertanyaan mendalam terkait kasus alkes ini,”jelas Abing. (bim)

Tags:
author

Author: