Kajati Babel: Jangan Ragu Gunakan Anggaran Porwil IX 2015

by -

KEPALA Kejaksaan Tinggi Negeri (Kajati) Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Agus Riswanto mengimbau agar pengguna dan pengelola anggaran tidak ragu-ragu menggunakan anggaran negara, sejauh untuk kepentingan umum dan bukan kepentingan pribadi.
Hal itu ditegaskan Kajati Babel kepada jajaran Panitia Porwil Sumatera IX 2015 Bangka-Belitung menjawab keragu-raguan panitia dalam proses pemanfaatan anggaran untuk Porwil IX di Babel yang berlangsung 13 s/d 21 November 2015.
“Kalau ada niat baik, yakinlah tidak akan ada tindak pidana. Hanya apa pun anggaran yang dibelanjakan, taati prosedur dan harus bisa dipertanggungjawabkan,” tegas Kajati Agus di Sekretariat KONI Babel di Pangkalpinang, Rabu (2/9/2015).
Menurut Agus, pihak kejaksaan pada intinya tidak saja sekedar bertindak selaku penegak hukum, tetapi juga berfungsi pendampingan bahkan advokasi. Karenanya, tugas pencegahan menjadi hal yang lebih di kedepankan.
“Bila masih ada keraguan jangan didiamkan tapi harus cepat dikomunikasikan dengan tim asistensi atau pemangku kebijakan dan tanya kepada yang kompeten lainnya, terutama dalam belanja bahan,” pinta Kajati Babel.
Kajati Babel mengingatkan, dalam penggunaan anggaran memang harus mengacu Standar Operasional. Ini bisa menjadi acuan karena untuk lebih mengarah dan runtun sehingga seluruh kegiatan bisa dipertanggungjawabkan.
Sementara Ketua Umum PB Porwil Sumatera IX 2015 Bangka-Belitung, Danrem 045 Garuda Jaya Babel Kolonel (Inf) Murlim Mariadi mengatakan, anggaran di PB Porwil IX disiapkan sekitar Rp 3,9 milyar.
Porwil IX memperlombakan 10 cabang olahraga, yakni Atletik, Bola Basket, Bulu Tangkis, Bilyard, Catur, Pencak Silat, Panjat Tebing, Renang, Sepak Bola, Sepak Takraw. Kegiatan dilaksanakan di Pulau Bangka dan Pulau Belitung. (KBRN RRI)