Kantor PLUT KUMKM akan Segera Beroperasi

by -
ekonomi-edisi-12-januari-2017
Kantor PLUT KUMKM Belitung

TANJUNGPANDAN-Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kantor Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  (KUMKM) yang dibangun di atas lahan eks Pasar Inpres akan segera dioperasikan dalam waktu dekat ini. Kantor PLUT akan digunakan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Belitung.

“Mudah-mudahan tanggal 15 januari ini Kantor PLUT KUMKM itu sudah bisa dioperasikan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir, Rabu (11/1) kemarin.

Sedangkan untuk peresmian bangunan bertingkat yang menelan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu Rp. 2,2 miliar ini, rencananya sekitar Juni atau Juli mendatang. Pasalnya, peresmian gedung Kantor PLUT yang megah itu, masih menunggu moment tepat untuk menghadirkan Menteri Koperasi dan UKM.

“Sebelum diresmikan Kantor itu nanti akan diisi sebanyak lima bidang. Di antaranya kelembagaan, produksi, marketing, pembiayaan, dan Sumber Daya Manusia (SDM),”  kata Mula.

Menurut Mula, dari kelima bidang mempunyai tugas dan fungsinya serta keunggulan masing-masing. Misalnya bidang kelembagaan perannya memperkuat manajemen para pelaku UMKM. Sedangkan bidang produksi diberi tugas menggalih potensi-potensi kearifan lokal, khususnya kerajinan yang terbuat dari Sumber Daya Alam (SDM).

“Rencananya kita juga akan membangun Galeri Kuliner UKM, tepatnya di seberang Galeri KUKM di Jalan Sriwijaya. Dan itu salah satu komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memperkuat para pelaku UKM. Serta menunjang sarana dan prasarana pariwisata demi memudahkan wisatawan ke depannya,” ujarnya.

Diungkapkan Mula, secara keseluruhan jumlah pelaku UKM di Kabupaten Belitung hingga sekarang telah tercatat sebanyak 15 ribu. Agar para pelaku UKM ini bisa berkembang kedepannya, ia menghimbau kepada semua pihak untuk bersatu dan mendukung program-program yang telah direncanakan Pemda.

“Saya harap perbankan dan perusahaan yang ada di Belitung ini bisa memberikan bantuan kepada UKM kita. Baik itu melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) maupun program lainnya. Sehingga pelaku UKM bisa dapat berkembang nantinya, sebab tidak bisa dipungkiri salah satu persoalan yang mereka hadapi yaitu pembiayaan,” pungkasnya.(mg2)