Kapal Perang dari 54 Negara Akan Kepung Pulau Belitung

by -
Kapal Perang dari 54 Negara Akan Kepung Pulau Belitung

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 di tahun 2020 rencananya akan dilaksanakan di Bangka Belitung (Babel), tepatnya di Pulau Belitung pada Agustus mendatang. Rangkaian latihan militer ini juga akan melibatkan 54 negara lainnya.

“Acara ini dipusatkan di Jakarta, tetapi dalam rangkaiannya Belitung masuk,” jelas Ketua Rombongan Danguspurla (Komandan Gugus Tempur Laut)/Dansatgas MNEK 2020, Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto seusai bersilaturahmi dengan Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah, Rabu (8/1/2020).

Kepala Staf Guspurla Koarmada I ini juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama antar angkatan laut yang ada di dunia, yaitu kegiatan penanganan kejadian yang membutuhkan kerja sama misalnya bencana alam seperti tsunami

Disebutkan Bambang, dari keterlibatan 54 negara ini akan menampilkan armada kapal perangnya masing-masing termasuk pesawat tempur/helikopter, seperti yang telah mengkonfirmasi kehadirannya yakni negara Australia. “Jadi pertemuan ini dalam rangka tindak lanjut terkait itu tadi,” katanya didampingi Komandan Lanal Babel, Letkol Laut (P) Dudik Kuswoyo.

Untuk itu, lanjut Bambang, MNEK dilaksanakan per dua tahun sekali. Pihaknya berharap, kegiatan tersebut dapat menggandeng kegiatan pemerintah daerah setempat, sebab para petinggi dan istrinya direncanakan akan hadir.

“Pemerintah daerah nantinya bisa mempromosikan kawasan wisata mana saja yang bisa dikunjungi oleh peserta 54 Negara itu. Kita bantu perkenalkan Babel. Maka dari itu, dalam melaksanakan survei ini kami meminta masukan dan dukungan Pemprov terkait kegiatan ini,” tambahnya.

Sementara Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah mengatakan pihaknya menyambut baik pelaksanaan MNEK 2020. Dengan adanya kegiatan ini, menurutnya, dapat memacu perkembangan dan pertumbuhan pariwisata di Babel. Oleh sebab itu, Pemprov akan secara intensif melakukan komunikasi dengan pihak-pihak penyelegara kegiatan MNEK tersebut.

“Kegiatan ini banyak sekali rangkaiannya, termasuk bakti sosial. Pemda nantinya akan menampilkan produk lokal Bangka Belitung. Banyak atraksi-atraksi angkatan laut dan kerja sama di bidang kelautan dunia, ini sangat menarik buat wisatawan,” ungkap Fatah. (jua)