Kapolda Minta Berantas Arak

by -

TANJUNGPANDAN-Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Gatot Subiyaktoro menginstruksikan kepada Polres Belitung dan Belitung Timur untuk memberantas peredaran minuman keras jenis arak hingga ke pabriknya. Sebab, peredaran miras arak kini sudah dalam taraf meresahkan karena anak-anak muda dan remaja sebagai generasi penerus sudah menjadi korbannya.
Menurut Kapolda, ternyadinya tindak pidana kriminal tak jarang dipicu oleh pengkonsumsi miras arak. “Saya sering mendengar banyaknya tempat pembuatan arak di Belitung. Maka dari itu, kami minta Kapolres Belitung menindak pabrik-pabrik tersebut,” ujar pria asal Banyuwangi ini, Jumat, (13/2)
Dia juga meminta pemerintah daertah juga harus tegas dengan masalah arak. Kapolda juga mengaku pernah mendengar kalau minuman keras jenis arak merupakan kuliner khas daerah tertentu. Selain itu, dia juga sering mendengar, arak dapat mengembangkan makanan. “Kalau memang arak diperbolehkan, Bupati Belitung harus membuat perdanya (peraturan daerah,Red),” pintanya.
Apa yang disampaikan Kapolda ini sangat berdasar. Sebab, berdasarkan hasil razia yang dilakukan Polres maupun Pol PP Kabupaten Belitung seperti diberitakan BE sebelumnya, banyak anak-anak muda dan remaja, bahkan di bawah umur tertangkap aparat saat pesta miras jenis arak.
Hingga kini pun, polisi maupun pol PP terus gencar melakukan razia kamtibmas. Salah satu targetnya menekan peredaran miras arak dan sejenisnya yang sudah mulai luas beredar di kalangan penikmat minuman haram tersebut.